Sampah dan botol miras yang dibersihkan di pinggir jalan dekat Lapangan Mandala Biak.( foto :Fiktor/Cepos)

BIAK-Masyarakat yang tergabung dalam  Gerakan Peduli Kemanusian (GPK) Kabupaten Biak Numfor kembali melakukan aksi peduli lingkungan, Jumat (14/6) kemarin. Kali ini kegiatan bersih-persih yang melibatkan puluhan orang itu dipusatkan di depan Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor tepatnya di sekitar Lapangan Mandala Biak.

   Menariknya, tak hanya sampah plastik yang ditemukan, namun dalam kegiatan bersih-bersih itu lebih banyak berhasil mengumpulkan puluhan botol bekas minuman keras, bungkus komix dan bahkan ada bekas alat kontrasepsi, yakni kondom.

  “Kegiatan yang kami lakukan ini adalah sebagai bentuk aksi peduli lingkungan, jadi kami dari GPK memilih melakukan pembersihan sampah di sekitar Lapangan Mandala. Ya, namun yang bersihkan lebih banyak botol miras, ada yang masih utuh dan ada yang sudah dipecahkan,” kata Koordinator GPK Kabupaten Biak Numfor Jemmy Kapisa, ST didampingi sejumlah rekannya.

  Kegiatan peduli lingkungan dengan melakukan kerja bakti pembersihan itu, lanjutnya, akan terus dilakukan GPK di sejumlah titik wilayah Kota Biak dan sekitarnya. Terkait dengan itu, maka dia mengajak semua komponen masyarakat peduli terhadap kebersihan lingkungan dan ikut mendukung kebersihan di wilayah Kota Biak dan sekitarnya.

   Pinggir lapangan Mandala, tepatnya dibawa sejumlah pohon tak jauh dari Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor sering kali dijadikan tempat nongkrong dan bahkan setiap harinya, baik pada malam hari mapun siang.

   “Tempat ini, pinggir Lapangan Mandala, memang sering kali dijadikan tempat nongkrong, maka tak heran kalau banyak sampah atau botol bekas minunam yang ditemukan menumpuk. Tadi ada kondom bekas, bungkus komix dan paling banyak bekas botol miras dengan berbagai merek,” tambah Matex Karubaba yang ikut dalam kegiatan pembersihan itu.(itb/tri)