Kenius Kogoya ( FOTO : ERIK / CEPOS)

JAYAPURA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua membeberkan, bahwa pemberiaan bonus bagi para atlet Papua yang menorehkan medali pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di tanah Papua dipastikan meningkat dari nominal bonus PON XIX Jawa Barat tahun 2019 lalu.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Umum (Sekum) KONI Provinsi Papua, Kenius Kogoya saat ditemui oleh awak media diruang kerjanya, Kamis (31/10) siang kemarin. Kenius berharap, dengan suntikan bonus tersebut bisa menjadi tambahan motivasi bagi atlet bagi dari 37 cabang olahraga yang akan bertarung pada event olahraga nasional empat tahunan tersebut.

Apalagi Gubernur Papua, Lukas Enembe yang juga merupakan ketua umum KONI Papua mengharapkan kontingen Papua bisa finish pada klasemen lima besar.

“Kita sudah ajukan anggaran sudah dihitung termasuk bonus dan sudah konsultasikan juga disetujui Ketua Umum KONI Lukas Enembe, jadi naik dari PON Jawa Barat lalu yang nilainya 600 juta untuk peraih medali emas, sekarang PON Papua akan naik,” ujar Kenius.

Namun Kenius masih enggan membeberkan nominal masing-masing bonus yang akan diraih oleh peraih medali emas, perak dan perunggu. Ia hanya mengaskan bahwa nantinya perolehan bonus akan naik dari PON sebelumnya. Kenius juga menjelaskan bahwa anggaran terkait bonus sudah di usulkan kepada Pemerintah Provinsi dan DPR Papua.

“Kami sudah menghitung dan mengusulkan ke DPR Papua, Banggar melalui Sekda Papua, kelihatannya sudah di rasionalisasikan,” ujarnya.(eri/gin).