Kenius Kogoya.(FOTO: Erik / Cepos)

PON 2021 Papua

JAYAPURA – Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya mengatakan, bahwa dana yang disiapkan untuk bonus atlet yang meraih prestasi di PON XX Papua 2020 akan dialihkan untuk penanganan covid-19 Di Bumi Cenderawasih.

Mengingat pelaksanaan PON Papua sebelumnya dijadwalkan digelar pada bulan Oktober 2020, harus mundur hingga Oktober 2021 akibat dampak dari Pandemi covid-19.

“Jadi memang kita punya anggaran yang digunakan untuk bonus atlet yang kita sudah alokasikan itu sudah dianggarkan untuk penanganan Covid-19,” ungkap Kenius kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di Kantor KONI Papua, Kamis (14/5) siang kemarin.

Meski tak menyebut secara rinci total anggaran bonus, tapi menurutnya, sumber dana bonus atlet yang dialihkan merupakan bagian dari anggaran KONI di tahun 2019. Menurutnya, anggaran bonus atlet yang meraih medali di PON XX 2021 kembali akan diajukan di tahun yang sama. Kenius pun berharap Pemerintah Papua tetap konsisten.

“Kita akan mengajukan di tahun depan anggaran yang sama di tahun depan, mudah-mudahan pemerintah bisa menoleransi dan konsisten, karena kejadian ini adalah musibah kita semua,” ujarnya.

“Kita yakin pemerintah bisa menangani Covid-19 ini agar cepat berlalu, dan kita harapkan di tahun depan bisa diarahkan untuk bonus atlet,” tandasnya. (eri/gin).