Atlet Handball Papua saat melakukan latihan di Jayapura, Selasa (8/12). ( FOTO: Andy for Cepos)

PON 2021 Papua

JAYAPURA – Pelatih kepala cabang olahraga Bola Tangan Papua, Andy Purwanto mengaku, bahwa atletnya saat ini sangat membutuhkan rangkaian ujicoba. Pasalnya selama menjalani pemusatan latihan di Kota Jayapura, Bola Tangan Papua belum sekalipun melakoni ujicoba.

Sebab itu, Andy berharap, KONI Papua dan Puslatprov KONI Papua dapat mengijinkan mereka untuk menjalani rangkaian ujicoba di luar Papua guna mengukur kesiapan Bola Tangan Papua dalam menyambut PON XX 2021 mendatang.

Bahkan, Andy mengaku telah memiliki peta daerah-daerah yang akan dikunjungi, seperti wilayah Jabodetabek, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Andy menilai daerah tersebut memiliki beberapa klub Bola Tangan yang dapat membantu mereka dalam laga uji coba.

“Kita berharap secepatnya bisa TC di luar dan melakukan rangkaian try out. Kami sih rencanakan Desember sudah bisa berangkat. Tapi jika memang harus Januari ya tidak masalah,” ungkap Andy kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Selasa (8/12).

“Karena kami juga sudah membuat rangkaian ujicoba, daerah mana saja yang akan kami singgahi. Tapi nantinya akan akan lanjut pemusatan latihan di Jawa Tengah,” sambungnya.

Tak hanya di Pulau Jawa, Andy juga menuturkan bahwa Pengprov Bola Tangan Papua juga telah mengagendakan try out di negara Korea Selatan guna mencapai prestasi terbaik pada event olahraga nasional empat tahunan tersebut.

Andy juga menceritakan bahwa Bola Tangan Papua di tahu 2021 akan lebih banyak berada di luar Papua untuk menjalani rangkaian ujicoba. 

“Balik ke Papua kurang lebih dua bulan sebelum pelaksanaan PON kami sudah di Timika untuk beradaptasi dengan venue kami sendiri,” pungkasnya. (eri/gin).