Bio Paulin (tengah), bek Sriwijaya FC berusaha melewati kawalan Siswanto (kiri) Pemain Persiba Balikpapan saat pertandingan Piala Gubernur Kalimantan Timur 2018 di Stadion BAtakan, Balikpapan, kemarin (24/2). FOTO: Angger Bondan/Jawa Pos

JAYAPURA-Latihan fisik Persipura Jayapura yang digelar di Surya Fitnes, Kota Jayapura, Senin (25/3) dihadiri mantan penggawa Persipura Bio Paulin Pierre. 

Bek naturalisasi yang hengkang dari Persipura tahun 2017 setelah cukup lama berseragam Merah Hitam terlihat mengenakan seragam latihan Persipura dan ikut berlatih dengan Boaz Solossa dan kawan-kawan. 

Kehadiran Bio Pauline di latihan fisik kemarin mengundang pertanyaan berbagai pihak tentang kemungkinan kembalinya bek berusia 34 tahun ini. 

Pelatih Kepala Persipura Jayapura, Luciano Gomes Leandro yang dikonfirmasi Cenderawasih Pos mengakui kalau mantan bek andalam Mutiara Hitam tersebut sedang ikut berlatih dengan Persipura.    

“Ya, betul saat ini dia ikut latihan. Tapi untuk mengambil dia secara resmi kita harus melihat kondisi fisik dan kesehatannya dulu, apakah baik-baik saja atau tidak,” ungkap Luciano saat dihubungi via ponselnya, kemarin malam. 

Soal kualitas Bio, Luciano mengakui tidak perlu diragukan lagi. Namun pihaknya tentu masih harus melihat hasil tes kesehatan serta kondisi fisik Bio Pauline sebelum diputuskan bergabung atau tidak. 

“Kita tinggal tunggu hasil kesehatan dan fisiknya saja, untuk kita bisa ambil keputusan. Dan tidak akan terlalu lama. Karena kita juga tidak ingin dia rugi jika lama-lama dan akhirnya kita tidak ambil,” jelasnya.

Mantan juru taktik PSM Makassar ini juga mengakui, jika ia memang masih butuh tambahan amunisi di lini belakang untuk menambah kokoh benteng pertahanan Mutiara Hitam.

Secara terpisah Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano mengakui kehadiran Bio Pauline di Persipura merupakan rekomendasi dari manajemen untuk memperkuat lini belakang Persipura. 

“Kami datangkan dia (Bio, red) supaya lini belakang kita semakin solid. Karena kita memang masih butuh tambahan pemain berpengalaman di lini belakang. Tapi dia masih dalam tes fisik dan kesehatan. Kita akan lihat kondisinya beberapa hari ke depan,” ucap BTM.   

Sementara itu, Persiba Balikpapan yang akan berjuang di kompetisi Liga 2 mengaku sudah melakukan komunikasi dengan Bio Pauline. Manajer Persiba Alwi Alkadrie mengatakan, Persiba Balikpapan sangat membutuhkan tenaga Bio Pauline, setelah Fandy Edi mantan pemain PSIM Jogjakarta memilih angkat kaki dari tim berjuluk Beruang Madu tersebut. 

Alwi menyebutkan bahwa kini Beruang Madu hanya punya dua nama di jantung pertahanan. Yakni Sunni Hizbullah dan Imam Mahmudi. “Kami sudah komunikasi dengan Bio Paulin, semoga saja bisa bergabung dan mengisi kekosongan di lini belakang,” kata Alwi. (eri/nat/JPG)