Penampilan atlet cilik di sela-sela pembukaan Kejuaraan Pencak Silat Kota Jayapura tingkat SD, SMP dan SMA se-Kota Jayapura di GOR Waringin, Jumat (28/6). ( FOTO : Erik / Cepos)

JAYAPURA-Pemerintah Kota Jayapura, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga kembali menggelar salah satu program tahunan. Yakni kejuaraan Pencak Silat tingkat pelajar, SD, SMP dan SMA se-Kota Jayapura.

Kejuaraan yang berlangsung 28 Juni – 1 Juli di GOR Waringin Kotaraja, Jayapura ini diikuti 157 pesilat yang terdiri dari 25 pesilat tingkat SD, 66 tingkat SMP dan 66 tingkat SMA.

Tingkat SD mempertandingkan nomor Tunggal Baku, Tanding Kelas C (30-32 Kg), Tanding Kelas E (34-36 Kg). Untuk tingkat SMP mempertandingkan nomor baku dan nomor tanding kelas 34-37 Kg, 37-40 kg, 40-43 Kg, 43-46 Kg, 46-49 Kg, 49-52 Kg, 52-55 Kg, 55-58 Kg dan 58-61 Kg.

Untuk tingkat SMA juga mempertandingkan nomor Baku dan nomor Tanding 39-43 Kg, 43-47 Kg, 47-51 Kg, 51-55 Kg, 55-59 Kg, 59-63 Kg, 63-67 Kg, 67-71 Kg dan 71-75 Kg.

Wakil Walikota Jayapura, Rustan Saru mengatakan, kejuaraan ini sebagai ajang untuk menciptakan dan membina atlet Silat di Kota Jayapura sejak dini.

“Ini langkah awal untuk mencari atlet yang berprestasi di masa datang. Saya harap ini kesempatan yang baik, mari gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan. Gunakan kejuaraan ini untuk menuju prestasi yang lebih tinggi lagi,” ungkap Wakil Walikota Jayapura usai membuka secara resmi kejuaraan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Jayapura, Rocky Bebena menuturkan, kejuaraan ini merupakan program Dispora Kota Jayapura di Tahun 2019.

“Sebelumnya kita sudah melakukan kejuaraan Bulutangkis, dan saat ini Pencak Silat. Dan selanjutnya juga akan ada kejuaraan Futsal dan Atletik,” ujarnya.

Mantan wartawan Cenderawasih Pos itu menjelaskan, selain sebagai ajang pembinaan atlet. Kejuaraan ini juga sebagai seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kota Jayapura serta menyambut HUT RI yang ke-74.

“Kegiatan kita ini menciptakan atlet yang tidak hanya unggul di prestasi tapi juga unggul pada karakter dan budaya serta sains. Dan kita mengkombinasikan ini sejalan dengan pemerintah yang sudah menentukan tema HUT RI menuju Indonesia unggul,” jelasnya.

Menurutnya, cabang olaharaga Pencak Silat merupakan Cabor kebanggan Indonesia pada ajang Intenasional. Oleh karena itu, pemerintah Kota Jayapura melalui Dispora juga terus intens melakukan pembinaan melalui kompetisi.

“Pencak Silat merupakan peraih medali terbanyak Indonesia di Asian Games, dan ini juga merupakan budaya Tanah Air yang harus terus kita kembangkan. Dan kami juga berharap, Papua bisa menyumbangkan medali emas pada PON nantinya,” tandasnya. (eri/tho)