Ketua Bidang Bidang Pertandingan PB PON 2020 Jan Jap Ormuseray didampingi Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Papua Freddy Sokoy saat memberikan keterangan kepada awak media di sela-sela rapat perdana Bidang Pertandingan PB PON XX,Tahun 2020 di Aula Kantor Otonom Kotaraja, Kota Jayapura, Jumat, (9/8). ( FOTO : Humas Disorda Papua for Cepos)

JAYAPURA-Bidang Pertandingan PB PON XX, Tahun 2020 menggelar rapat perdana, Jumat, (8/8) di Aula Kantor Otonom Kotaraja, Kota Jayapura. Rapat dilakukan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dan kesiapan sebelum pelaksanaan pesta olahraga terbesar di Indonesia tersebut.

Ketua Bidang Bidang Pertandingan PB PON 2020, Jan Jap Ormuseray mengatakan, ini merupakan rapat perdana bidang pertandingan PON XX, Tahun 2020.

“Rapat ini dihadiri sebagian besar anggota yang ada di bidang pertandingan, sangat efektif karena hadir pimpinan dari KONI dan pendamping dari PB PON, kita sudah bahas mengenai tugas pokok dan fungsi masing-masing anggota panitia besar seperti apa,” ungkap Jan Jap Ormuseray kepada awak media usai pertemuan.

Ormuseray mengaku, dari pertemuan ini, sudah ada gambaran bagi mereka akan bekerja seperti apa, karena pihaknya akan diperhadapkan pekerjaan besar, yang notabene masing-masing memiliki pengalaman pertama menjadi panitia untuk melaksanakan PON.

“Kita akan terus berkoordinasi dalam rangka mempersiapkan PON, terutama dari bidang pertandingan, karena kita sadar bahwa pelaksanaan PON nanti tersebar di 5 klaster dan kabupaten penyangga lainnya, sehingga perlu koordinasi yang baik,”sambungnya.

Oleh karena itu, Jan Ormuseray memberikan apresiasi untuk semua anggota panitia bidang pertandingan yang sudah hadir, sehingga rapat ini bisa dilaksanakan dengan baik.

“Ini sebagai jawaban kita kepada Pimpinan Kepala Daerah dan masyarakat Papua bahwa PON di Papua tetap dilaksanakan dan panitia PON telah siap menyelesaikan tugas-tugas menuju pelaksanaan PON nanti,” jelas pria yang juga merupakan Ketua Pengprov Perbasasi Papua itu.

Sementara Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Papua, Freddy Sokoy mengatakan, ada satu kemajuan yang telah capai, di antara banyak pertanyaan apakah panitia sedang bekerja atau tidak.

“Ini satu bukti bahwa kita telah memulai beberapa kegiatan. Jadi saya bisa katakan bahwa kita sedang bergerak untuk menyukseskan PON di Papua,” kata Freddy Sokoy.

Menurutnya, KONI memang punya Tupoksi menyiapkan atlet guna mencapai prestasi yang maksimal dan bisa memperoleh medali emas, karena itu bagian yang tidak boleh terlupakan adalah koordinasi, sinkronisasi pada dua kegiatan yang harus dapat dilakukan terus-menerus.

“Harus berkomunikasi secara berimbang sehingga iven atau kegiatan dan pertemuan semacam ini tetap kita libatkan semua pihak. Sementara KONI melalui Puslatprov sedang menyiapkan atlet untuk menjadi mitra kita yang selalu terhubung, terutama dalam kaitannya dengan pertandingan,” jelasnya. (eri/tho)