JFT

JAYAPURA – Wonderkid Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre tinggal selangkah lagi resmi bergabung bersama klub Thai League 2, Lampang FC. Pemain mungil itu tinggal menandatangani kontrak dengan tim Liga 2 Thailand tersebut.

Pelatih kepala Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago mengaku bangga pemainnya dilirik oleh klub Asia Tenggara. Ia pun mengaku mendukung penuh pemain muda terbaik Liga 1 2019 itu untuk meniti karier di Negeri Gajah Putih, Thailand.

Todd Rivaldo Ferre. ( FOTO: Erik / Cepos)

Bahkan, Jacksen menantang Todd Ferre untuk menunjukan kualitasnya agar bisa bermain di pentas Thai League 1 atau Liga 1 Thailand. Apalagi pelatih asal Brasil itu yakin, Todd Ferre bisa bersaing dengan pemain-pemain di luar sana.

“Jangan hanya Liga 2 Thailand,” tulis Jacksen Tiago di intangram pribadinya saat menanggapi peminjaman Todd Ferre ke Lampang FC.

Diketahui, Todd Ferre rencananya hanya akan dipinjamkan hingga bulan Maret 2021, dengan opsi perpanjangan hingga bulan April bila Lampang FC lolos kualifikasi ke Liga 1 Thailand (Thai League 1).

Jacksen mengaku, bahwa peran Todd Ferre dalam timnya sangat dibutuhkan. Tapi menurut Jacksen, karier Todd Ferre di luar negeri jauh lebih penting.

“Meskipun kami membutuhkan tenagamu, semoga kamu tidak balik lagi dalam waktu dekat ini. Sehingga kamu mampu bermain di klub AFC Champions League nanti,” ujar Jacksen Tiago.

Mantan pelatih Barito Putera itu juga menuturkan, bahwa apa yang dilakukan oleh Todd Ferre akan membuka jalan bagi para pemain Papua lainnya untuk berani merantau ke luar negeri.

“Jadikan dirimu (Todd) inspirasi buat putra-putra Papua dan Indonesia lainnya. Tuhan memberkati perjuanganmu di Thailand nanti. Salut atas keputusan manajemen,” ucap Jacksen.

Sementara itu, Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan, bahwa manajemen Persipura tidak akan menghalangi para pemainnya bila mendapatkan tawaran bermain di luar negeri.

“Ini juga merupakan bukti komitmen Persipura Jayapura dalam upaya pembinaan pemain-pemain muda kita. Kita pasti akan dukung apabila ada hal yang sama untuk pemain kita yang lain, karena bermain di luar negeri pasti akan menambah pengalaman, melatih mental, mengasah teknik dan sudah tentu menambah pendapatan mereka,” pungkasnya. (eri/gin).