Dr. Drs Avelinus Lefaan, M.S Dok/cepos

*Wali Kota: Tunjukkan OAP juga Mampu Memimpin 

JAYAPURA- Polresta Jayapura Kota mulai dijabat oleh Komisaris Besar,  hal ini berarti semakin banyak problem dan semakin kompleks tingkat kejahatan di Kota Jayapura. 

Sosiolog Universitas Cenderawasih, Dr. Drs Avelinus Lefaan, M.S  yang dihubungi koran ini mengatakan bukan hanya kuantitas masalah-masalah sosial yang terjadi di Kota Jayapura, tetapi kualitas yang harus diperhatikan secara baik dalam menangani masalah sosial saat ini di wilayah perkotaan.

 Karena jumlah penduduk yang banyak dengan tekanan faktor ekonomi dan banyak kejahatan di tengah-tengah masyarakat di daerah perkotaan, sehingga menuntut orang yang berkualitas.

 “Istilah pangkat yang mana dengan kualitas yang harus bisa sejajar dengan persoalan-persoalan yang ada, sehingga sangat tepat jika pangkat Kombes yang menjabat sebagai Kapolresta Jayapura Kota,” katanya saat dihubungi Cenderawasih Pos, Senin (4/1) kemarin.

 Dosen Pascasarjana Uncen ini menyampaikan masyarakat ini bukan hanya berkembang dalam hal sosial, tetapi berkembang dalam semua bidang ekonomi, ilmu pengetahuan dan lain sebagainya ikut terseret dalam perkembangan masyarakat.

 Oleh sebab itu, para pejabat yang ada di institusi kepolisian secara khusus di wilayah Polresta semakin tinggi pangkat dan semakin tinggi pengetahuan, sehingga ke depan mampu mengatasi persoalan-persoalan atau dinamika di tengah-tengah masyarakat.

 Di tempat terpisah,  Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM., mengucapkan selamat atas kenaikan pangkat Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas menjadi Komisaris Besar (Kombes) Polisi maupun status Polres Jayapura Kota menjadi Polresta Jayapura Kota yang kini juga masih dipimpin Kombes Pol.  Gustav R. Urbinas.

  Wali Kota berharap dengan peralihan status maupun kenaikan pangkat tersebut, Kota Jayapura harus tetap aman, nyaman dan damai. Karena peran Muspida ini sangat penting apakah itu Kapolresta Jayapura Kota, Dandim 1701/Jayapura, Kejaksaan Negeri Jayapura dan Pengadilan Negeri Kelas I A Jayapura.

  Diakui, memang selama ini prestasi dan kemampuan Kapolrestas Jayapura Kota dalam membantu pemerintah Kota Jayapura maupun masyarakat sudah terbukti, oleh karenanya hasil kerja keras dan prestasi yang diraih tentu hasilnya sudah bisa dilihat saat ini.  OIeh karena itu, wali kota berpesan dalam mengemban tugas tetap amanah dan tunjukkan sebagai OAP harus bisa memimpin dan menjadi tuan di negerinya sendiri.(bet/dil/wen)