JAYAPURA – Terkait dengan turunan Corona virus yang saat ini tengah dibahas Pemerintah Pusat, hal tersebut juga mulai menjadi kekhawatiran bagi masyarakat di Provinsi Papua.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Papua dr. Aaron Rumainum, M.Kes menjelaskan terkait dengan virus baru turunan dari Covid 19 sampai dengan saat ini pihaknya belum mendapat laporan khusus dari Balai Litbangkes Provinsi Papua.

“Yang berwenang terkait dengan pemeriksaan tersebut adala Litbangkes, karena ini juga merupakan fungsi utama dari Litbangkes dalam hal pencegahan Covid 19 di Papua, yakni sebagai pendeteksi mutasi virus Covid 19 yang terjadi di Papua,” katanya kepada Cenderawasih Pos, Rabu (16/6) kemarin.

Sementara itu, Kepala Balai Litbangkes Provinsi Papua, dr. Antonius Oktavian, M.Kes mengatakan, sampai dengan saat ini, pihaknya belum menemukan varian baru Covid 19.

“Pemeriksaan sampel kita untuk virus baru varian dari Covid 19, karena kami belum melakukan pemeriksaan di tahun 2021, akan tetapi ditahun 2020 kami sudah pernah melakukan pemeriksaan sampel tetapi belum terdeteksi,” terangnya.

Lanjutnya, sampai dengan saat ini bisa dipastikan, belum ada penemuan virus baru di Papua, dan kalaupun ada akan disampikan . (ana/gin)