Pemeriksaan suhu badan  yang dilakukan oleh KKP yang dibackup oleh instansi terkait bagi penumpang KM Sirimau saat standar di Pelabuhan Merauke, Rabu (11/3). ( FOTO: Humas Polres Merauke for Cepos) 

MERAUKE – Menyusul merebaknya virus  Corona di Indonesia, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Merauke bersama dengan instansi terkait secara intensif melakukan pemeriksaan terhadap setiap penumpang yang datang melalui pintu masuk baik pelabuhan maupun bandara dengan mengunakan alat ukur suhu badan atau thermo scanner. Seperti yang dilakukan di Dermaga Pelabuhan Merauke, terhadap penumpang KM Sirimau, Rabu (11/3). 

   Pemeriksaan ini dibantu oleh Polsek Kawasan Pelabuhan Merauke.  Kepala Kepolisian Resor Merauke AKBP Agustinus Ary Purwanto, SIK, melalui Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut Merauke Iptu Heppy Salampessy menjelaskan, pemeriksaan ini dilakukan terhadap 616 penumpang KM Sirimau. “Setiap penumpang yang turun dari kapal wajib melalui pemeriksaan suhu badan tersebut. 

   Adapun istansi terkait yang mendukung kegiatan ini diantaranya dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Laut Merauke, dokter dan staf, KSOP, Lantamal, Pelindo, KPLP, KSOP dan Karantina Pelabuhan Laut Merauke.     

   Dari pemeriksan tersebut belum ditemukan adanya penumpang yang diidentifikasi virus Corona. “Dari hasil pemeriksaan, Petugas Kesehatan Pelabuhan bahwa seluruh penumpang dan awal kapal belum ditemukan adanya gejala ataupun yang terinfeksi virus Corona,” kata Kapolsek Kawasan Pelabuhan Merauke. 

  “Pada kesempatan tersebut juga diimbau kepada TKBM dan penumpang KM Sirimau bahwa untuk mengantisipasi masuknya virus corona ke wilayah Merauke maka akan dilakukan pemeriksaan,”ungkap Kapolsek. (ulo/tri)