Petronela Risamasu ( FOTO: Robert Cepos)

SENTANI-Direktur  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari, Petronela Risamasu mengatakan, sampai saat ini, belum ada obat khusus dalam menangani pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Yowari. Hingga saat ini terhitung ada 38 pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Yowari yang sudah dinyatakan sembuh total.

“Kenapa mereka bisa sembuh,  pertama dari kondisi badan.  Mereka harus tetap semangat dan mereka harus melakukan sesuai prosedur yang sudah dianjurkan. Jadi jangan stres,” kata Petronella Risamasu kepada wartawan di Sentani, Selasa (23/6).

Dia mengatakan, selain itu para pasien ini juga tetap diberikan motivasi dan mereka juga harus optimis dalam melawan virus Covid-19 ini. Pihaknya juga terus memperhatikan kondisi pasien dengan menganjurkan untuk memakan makanan bergizi  guna menambah daya tahan tubuh.

 Selain itu mengkonsumsi vitamin dan obat-obatan yang diberikan  yang sudah direkomendasikan dalam penanganan pasien Covid-19.

“Kemudian jangan lupa berdoa, olahraga, bagi mereka yang menjalankan isolasi di ruangan tetap diberikan kesempatan untuk berolahraga di dalam ruangan tersebut. Jadi semua hal bisa dilakukan di dalam ruangan itu,”paparnya.

Dia mengakui, sejauh ini belum ada obat khusus yang diberikan oleh tim medis dalam penanganan pasien Covid-19.  Tetapi yang paling penting kepada setiap pasien ini harus  mempunyai motivasi untuk sembuh.

“Hanya motivasi untuk sembuh yang kita berikan kepada mereka dan itu yang selalu kami sampaikan,”tandasnya.

Untuk itu, pihaknya berharap kepada masyarakat di Kabupaten Jayapura agar tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dalam penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 ini. Prinsipnya apabila setiap masyarakat mempunyai kesadaran untuk menerapkan protokol kesehatan itu berarti secara tidak langsung yang bersangkutan sedang melindungi keluarga dan orang lain dari ancaman pandemi Covid-19 ini.

“Sampai saat ini untuk penanganan pasien positif Covid-19 itu disesuaikan dengan obat-obatan yang sudah ditetapkan dalam protokol kesehatan penanganan Covid-19, seperti pemberian vitamin C, vitamin E kemudian ada Zinc juga itu yang kita pakai,”tambahnya. (roy/tho)