Drs. FX. Mote, M.Si

JAYAPURA- Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, Drs. FX. Mote, M.Si., mengajak masyarakat, khususnya masyarakat di Papua untuk menonton film Aquaman yang sempat populer belakangan ini. Menurut Mote, film Aquaman yang mengangkat cerita kehidupan di bawah laut dapat membuat masyarakat untuk lebih menghargai laut.

 “Masyarakat perlu nonton film Aquaman, sehingga mengetahui sebuah cerita tentang kehidupan di bawah laut. Film tersebut menceritakan masyarakat yang hidup tenang dan berkembang di bawah laut, terpaksa harus terdampak sampah yang dibuang masyarakat yang hidup di darat,” kepada Cenderawasih Pos, Minggu (16/6) kemarin.

 Diceritakan, sampah-sampah yang dibuang sembarang ke laut kemudian mencemari laut dan keberlangsungan hidup masyarakat di bawah laut, sehingga membuat masyarakat di laut pun marah dan membuat perlawanan terhadap masyarakat di darat.

 “Pendidikan dari film Aquaman penting bagi kita semua. Ceritanya penting, sebab, tertuang pelajaran moral bagi kita untuk bisa lebih menghargai laut dan segala isinya, dengan menjaga dan melestarikan laut, terutama dengan tidak membuang sampah secara sembarangan ke laut, maupun ke sungai yang alirannya itu akan pula bermuara ke laut,” tambahnya.

 Seperti diketahui, Aquaman yang merupakan film Hollywood yang diangkat dari komik DC ini menceritakan sosok Arthur Curry atau Aquaman yang merupakan pahlawan super yang mampu menjadi penengah antara masyarakat yang hidup di darat dan yang hidup di laut. 

 Namun lebih daripada itu, film Aquaman dinilai lebih sekedar film fiksi superhero, melainkan pula memiliki pesan moral bagi penonton untuk lebih dapat lebih menghargai laut, terutama dengan tidak membuang sampah ke laut. (gr/ary)