Koordinator Demo masyarakat Biak Barat dan Swandiwe, Obeth Ap, SH ketika berorasi, di Halaman Kantor Bupati Biak Numfor, Senin (2/3) kemarin. ( FOTO: Fiktor/Cepos)

BIAK-Kantor Bupati dan Kantor DPRD Biak Numfor didatangi tidak kurang dari 200 massa, Senin (2/3) kemarin. Mereka adalah gabungan masyarakat dari wilayah Biak Barat dan Swandiwe. Kedatangan mereka pada dasanya menyampaikan dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Biak Numfor dalam mensukseskan berbagai program pembangunan didaerah.

   Massa yang dipimpin oleh Obeth Ap, SH pada dasarnya menyatakan siap mengawal jalannya pemerintahan yang dipimpin oleh Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd. Mereka juga mengajak semua penyelenggara pemerintah di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bekerja dengan hati untuk melayani masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsi yang telah diberikan oleh Bupati.

    “Pada dasarnya kami datang tidak menuntut dan minta merdeka, kami tidak demo politik. Kami datang dari Biak Barat dan Swandiwe menyatakan mendukung pemerintah daerah. Bupati berganti bupati, kami tidak pernah datang merongrongnya melalui unjuk rasa, tapi kenapa bupati Herry A Naap belum satu tahun berjalan ada yang seolah-olah mau merongrongnya,” tegas Obeth Ap ketika menggelar orasi di depan Kantor Bupati.

    Bahkan mereka menilai, ada oknum-oknum dari LSM tertentu menyampaikan informasi yang dituangkan di media sosial terkesan opini dan kurang berimbang. Bahkan informasi dimedia sosial itu mereka nilai disampaikan layaknya seorang penyidik.

   “Kami harapkan, oknum dari LSM tertentu ini menjalankan tugas dan fungsinya secara benar. Kami tetap menghormati keberadaan LSM, namun kami harapkan supaya tidak terkesan seolah-olah ada oknum yang ingin merongrong jalannya pemerintahan dengan opini dan pendapat sendiri, dan kami kira itu hanya untuk kepentingan,” ujar Obet Ap.

   Sementara itu, Bupati Herry Ario Naap, S.Pd.,M.Pd didampingi Sekda Markus O. Masnembra, SH.,MM  menyatakan pada dasarnya memberikan apresiasi kepada dukungan massa kepada pemerintah daerah dan siap akan memberikan pelayanan terbaik selama kepemimpinannya berlangsung.

  Bupati Herry Naap juga menyatakan, bahwa pada dasarnya pemerintah tidak alergi dikontrol dan diberikan masukan, hanya saja control yang dibuat diharapkan selalu berimbang dan dengan data—data yang valid.

    “Saya kira aspirasi yang disampaikan ini akan menjadi catatan penting bagi kami, misalnya saja jalan Biak Barat yang sudah rusak,  saya  pastikan akan diselesaikan. Demikian halnnya aspirasi menempatkan anak-anak Biak di sejumlah jabatan, kami juga tetap memperhatikan,” ujarnya didepan para pendemo.

   Setelah dari Kantor Bupati, massa jalan dengan long march ke Kantor DPRD Biak Numfor. Di DPRD Biak Numfor, mereka diterima oleh Ketua Komisi I Alfius Adadikam dan beberapa anggota lainnya. Tuntuntan massa pada dasarnya sama dengan hal yang disampaikan di Kantor Bupati Biak Numfor. Setelah selesai menyampaikan aspirasinya, para pengunjuk rasa membubarkan diri secara tertib. (itb/tri)