Apel perdana yang dilakukan oleh Satuan Polisi  Pamong Praja Kabupaten Merauke  di hari pertama  masuk  kerja dengan protokol kesehatan,  Senin  (8/6). ( FOTO: Sulo/Cepos) 

MERAUKE-   Sesuai  dengan surat  edaran  bupati  Merauke   melalui Sekda   Kabupaten  Merauke  sebelumnya  dimana  semua ASN  mulai masuk  kantor  untuk kerja, maka    Senin   (8/6), sebagian  besar   ASN   tersebut  telah masuk kerja.    Hanya saja   dari pantuan  media ini,   ternyata masih ada ASN yang masuk    kantor  tersebut tanpa  menggunakan masker. 

    Sekretaris  Daerah Kabupaten Merauke  Drs Daniel Pauta mengungkapkan  bahwa untuk lingkungan  Sekretariat  Daerah Kabupaten Merauk, ASN yang masuk    kantor   diperkirakan   75 persen. ‘’Karena ini hari pertama     masuk kerja setelah  lebih 2 bulan   berada di rumah,   maka  dapat dimaklumi kalau   belum semuanya  masuk kerja,’’ kata  Sekda  Pauta.  

    Karena  hari pertama masuk kerja  setelah lebih 2 bulan  berada di rumah, menurut   Daniel Pauta,  di hari pertama   tersebut  juga digunakan  pegawai untuk  menata dan bersih-bersih   ruangan. “Jadi  mereka belum   bekerja secara maksimal   karena  perlu  menata ruangan  kerja   kembali dan bersih-berih,” terangnya.      

   Sekda menjelaskan bahwa bagi  pegawai yang  tidak masuk  karena  sakit   atau masih terlockdown di luar  Merauke  masih diberikan  toleransi.  “Mereka  yang  masih  dalam keadaan sakit  maupun  yang  masih terlockdown di luar Merauke  itu  masih diberikan   toleransi. Karena   mereka juga    belum bisa   pulang karena alat  transportasi yang belum ada,” jelasnya.     

   Sementara itu, dari pantauan  media ini,  suasana Merauke di hari Senin  8  Juni 2020  tersebut   sudah nampak  hidup. Hampir  semua kegiatan usaha  telah  berjalan. Ruas jalan   di Kota Merauke  mulai  ramai seperti  sebelum adanya  Corona.  Sementara   sebagian  masyarakat  yang melakukan  aktivitas  tersebut   ada yang menggunakan masker    tapi   ada pula yang  tanpa  masker. (ulo/tri)