Tampak mobil penjual ikan cupang yang standby di Entrop, samping depan Jalan Gapura Wali Kota Jayapura, Senin (24/5)kemarin. ( FOTO: Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Penjual ikan cupang yang menggunakan kendaraan, baik mobil maupun motor kini marak di Kota Jayapura. Tingginya peminat ikan cupang menjadi peluang usaha tersendiri.

 Contohnya penjual ikan cupang yang berada di Entrop, samping depan jalan Gapura Wali Kota Jayapura yang menggunakan mobil pick up H. Hamba Samsir mengaku masyarakat yang memelihara ikan cupang kini sudah mulai banyak dan ikan cupang yang dijualnya cukup laris.

  “Selain saya jualan di Rumah Cupang Entrop jalan menuju SMA Negeri 4 Jayapura, saya juga jualan standby di samping jalan gapura wali kota dari pukul 14.00 WIT-20.00 WIT setiap hari. Saya bawa semua jenis ikan cupang dari harga terendah hingga tertinggi. Untuk harga terendah Rp 30 ribu sampai Rp 400 ribu /ekor, dengan berbagai jenis ikan cupang ada giant multi colour, halfmoon multi colour, halfmoon giant multi colour, ada nemo, ada plakat dan lainnya,’’ungkapnya, Senin (24/5) kemarin.

 Hamba Syamsir mengakui,  selain menjual ikan cupang ia juga menjual pakan ikan cupang. Bagi pengunjung yang membeli ikan cupang juga langsung diberikan pakan gratis.

 Menurutnya, antusias warga Kota Jayapura dalam membeli dan memelihara ikan cupang sangat bagus karena selama ini masyarakat hanya tahu di media sosial, tapi sekarang masyarakat bisa melihat langsung di jalan dan mereka senang.

 Jika ada yang ingin tanya-tanya seputar cara pelihara ikan cupang ia juga jelaskan dengan baik supaya masyarakat tidak kecewa dalam memelihara ikan cupang.

 “Ikan cupang paling gampang perawatannya yang penting air harus dijaga dan jangan gunakan air PDAM kalau bisa air sumur atau air galon, sebab kalau dengan air PAM/ PDAM cepat mati atau tidak mengeluarkan warna, tapi kalau pakaiair galon atau sumur akan mempercantik warnanya dan jika menggunakan air PDAM tentu ada bahan kaporit,’’jelasnya.

 Untuk mempercantik warna,  pakannya juga harus dijaga satu hari dikasih makan sekali jangan banyak-banyak. 

 Sementara itu, dari pantauan wartawan Cenderawasih Pos, penjual ikan cupang juga ada di jalan alternatif menuju Pasar Baru Youtefa Abepura, di daerah Abepura dan dimana masyarakat kini mulai banyak memilara ikan cupang karena warnanya begitu cantik.(dil/ary)