Salah satu bangunan galeri milik Pemkab Jayapura yang dibangun dalam rangka mendukung kegiatan PON pada 2021 mendatang. Foto ini diambil, Sabtu (22/8). ( FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Koperasi dan UMKM membangun sejumlah rumah galeri di sepanjang jalan sekitar Batas Kota sampai di Kampung Harapan. Galeri ini dibangun untuk kepentingan penyelenggaraan PON XX Papua yang akan diselenggarakan pada  2021 mendatang.

“Sementara ini galeri itu sedang dimanfaatkan oleh mereka yang punya lahan, sekaligus mengisi kuliner dan menjaga tempat itu untuk sampai pada kegiatan PON nanti,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura, Parson Horota saat ditemui di Kantor Bupati Jayapura, Senin (24/8), kemarin.

Selain itu, pihaknya juga sedang melakukan pembinaan terhadap para pelaku usaha yang akan menempati galeri itu nanti. Dan itu akan dilakukan secara bertahap, mulai tahun ini sehingga tahun depan nanti lebih siap untuk menghadapi PON.

Pada saat PON nanti, rumah galeri ini akan dimasukan hasil kerajinan atau produk kerajinan tangan lokal atau khas Papua beserta kulinernya. 

Pihaknya berharap agar rumah galeri ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendukung kegiatan pemasaran hasil produksi kerajinan lokal maupun kuliner khas Papua pada saat penyelenggaraan PON itu.

“Paling tidak kalau orang pulang dari Papua ini harus membawa oleh-oleh khas Papua dan itu bisa didapat dari rumah galeri yang sudah kita siapkan itu,”ungkapnya.

Dia menyebutkan, ada sekitar 20 galeri yang sudah dibangun pemerintah untuk mendukung pelaksanaan kegiatan PON 2020. Pihaknya berharap, dengan adanya pembangunan galeri ini masyarakat yang mempunyai keahlian khusus bisa mengukir atau menghasilkan produk-produk lokal tradisional bisa untuk bisa ditampung di galeri itu.

“Kami dari dinas akan berusaha untuk menyiapkan lokasi atau tempat yang lebih layak lagi untuk bisa menampung hasil kerajinan tangan masyarakat lokal,” imbuhnya. (roy/tho)