Pesawat   Trigana Air yang mengangkut masyarakat sebelum bandara Wamena ditutup akibat pandemi Covid-19, beberapa waktu lalu. ( FOTO: Denny/cepos)

WAMENA-Berkembangnya isu bahwa Bandara Wamena akan dibuka pada awal Juni ini, bahkan informasinya   Trigana Air mulai menjual tiket, dibantah oleh pihak Managemen Trigana Air   yang beroperasi di Wamena. Sebab  hingga saat ini belum ada keputusan resmi dari Gubernur Papua dan Bupati Jayawijaya tentang pembukaan Bandara Wamena untuk penerbangan komersil. 

  Manager Trigana Air Wamena, Michael Biduri  menegaskan bahwa Trigana Air  akan kembali beroperasi sesuai dengan Keputusan Gubernur Papua dan Bupati Jayawijaya. “Jadi aktifitas cargo dan penumpang kita tetap merujuk dari surat keputusan Gubernur Papua dan Bupati Jayawijaya, sehingga bukan keputusan perorangan atau perusahaan Trigana, sehingga info kalau  Trigana sudah menjual tiket itu tidak benar, karena belum ada keputusan resmi,”ungkapnya Sabtu (30/5) via selulernya pada Cenderawasih Pos.

   Ia mengajak masyarakat untuk melihat penerbangan penerbangan di wilayah barat Indonesia , dimana penerbangan besar seperti Lion Air, City Link saja bisa memundurkan waktu penerbangannya. Karena itu,  apapun keputusan dari pemerintah daerah itu tidak mudah untuk langsung membuka penerbangan, harus dilengkapi dengan berbagai surat dan pemeriksaan tes kesehatan.

  “Kalau kita dengar Wamena dan Sentani sudah membuka penerbangan, mekanismenya seperti apa kita sendiri belum tahu, apakah harus dilengkapi dengan Rapid test atau swab test dan yang paling penting harus ada izin dari Gubernur Papua dan Bupati Jayawijaya serta Bupati Jayapura,” beber Michael.(jo/tri)