Ketua MPR RI  Bambang Soesatyo saat mengunjungi Stadion Papua Bangkit, Selasa (3/3) siang kemarin. (FOTO: Erik / Cepos)

JAYAPURA-Ketua Majelis Permusyawarata Rakyat (MPR) RI,  Bambang Soesatyo (Bamsoet) dibuat terpukau dengan kemegahan struktur pembangunan Stadion Papua Bangkit venue yang akan menjadi pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 pada bulan Oktober hingga November. 

Menurutnya, stadion yang berkapasitas 42 ribu penonton dengan berarsitektur megah dengan ciri khas budaya Papua itu bakal menjadi kebanggan masyarakat Papua dan masyarakat seluruh tanah air. 

“Saat saya memasuki Stadion Papua Bangkit kesan pertama bahwa pembangunan stadion ini sungguh sangat luar biasa, sangat indah dan megah. Tentu kehadiran stadion ini akan menjadi kebanggaan masyarakat Papua bahkan rakyat Indonesia,” ungkap Bamsoet kepada awak media di sela-sela meninjau Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Selasa (3/3) siang kemarin.

Dirinya juga melayangkan pujian terhadap kualitas rumput stadion Papua Bangkit yang menggunakan rumput jenis Zoysia Martella yang setara dengan lapangan sepakbola di Eropa. Untuk itu, Bamsoet berharap laga-laga internasional bisa dihadirkan di stadion yang juga memiliki lintasan atletik tersebut. 

“Rumput stadion ini diimpor langsung dari Italia. Untuk itu, stadion yang dibangun dengan nilai Rp 1,3 triliun dari dana APBD Provinsi Papua ini, diharapkan bisa digunakan untuk pertandingan sepakbola dunia,” pintanya. 

Bamsoet juga mengharapkan, kehadiran stadion terbaik kedua tanah air itu dapat menjadi kebangkitan olahraga di bumi Cenderawasih dan dapat menjadi motivasi atlet Papua untuk berprestasi pada event nasional dan internasional. 

“Apalagi di kawasan Spaba ini ada stadion akuatik yang tidak kalah hebat dengan Jakarta. Untuk itu, kita dorong agar semua anak Papua bersemangat untuk bisa menjadi juara-juara baru dalam berbagai iven perlombaan di masa mendatang,” pungkasnya. (eri/nat)