Wakil Sekretaris Bidang Humas, Penyiaran dan Pelayanan Media (PPM), Azis Matdoan (paling tengah) saat memimpin jalannya rapat perdana di ruang rapat KONI Papua, Rabu (18/3) sore kemarin.  ( foto: Erik / Cepos)

PON 2020 Papua

JAYAPURA – Bidang Humas Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua mulai intens menyiapkan diri. Hal itu ditandai dengan rapat perdana yang pimpin langsung oleh Wakil Sekretaris Bidang Humas, Penyiaran dan Pelayanan Media (PPM), Azis Matdoan,  Rabu (18/30) di ruang rapat KONI Papua. 

Rapat Perdana ini diikuti Koordinator Media Center PON dan para wartawan di wilayah Jayapura. Azis Matdoan menyampaikan, rapat perdana sangat penting untuk membahas program kegiatan untuk menyukseskan publikask PON XX 2020 yang mulai digulir pada bulan Oktober mendatang.

“Rapat pertama di bidang pelayanan media ini sangat penting, karena jadwal kerja PB PON, untuk bidang Humas kita baru memulai tahun ini,” ungkap Azis.

Oleh karena itu, ada hal-hal teknis yang perlu dikordinasikan, terutama Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan bertugas di media center nanti.

“Kalau operator media center struktur dan personel sudah ada, kita lebih banyak melibatkan teman-teman wartawan di wilayah Jayapura, sehingga kita tidak perlu lagi mengambil SDM dari luar Papua,” ujarnya.

Menurut Azis, Bidang Humas akan kembali melakukan rapat dengan melibatkan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk kian mantapkan persiapan. Sebab, sarana dan prasarana media center akan disediakan oleh bidang TIK.

Setelah itu, bidang Humas PB PON Papua akan menggelar pelatihan bagi teman-teman wartawan yang nantinya bertugas di media center maupun di venue.

“Kami akan melibatkan kurang lebih 37 wartawan yang siap bekerja 24 jam di media center maupun di venue PON. Kami akan menempatkan personil untuk entry data pertandingan dan juga berita dari setiap venue,” katanya.

Dijelaskan Azis, pendaftaran wartawan akan bersamaan dengan pendaftaran kontingen secara online, pendaftaran wartawan nantinya akan dilakukan dengan mengisi form yang bisa diunduh di website PON XX Papua. 

“Kita akan siapkan SDM untuk mengurusi pendaftaran teman-teman wartawan dari seluruh provinsi se-Indonesia,” tandasnya. (eri/gin).