Ketua Umum KONI yang juga  sebagai Bupati Jayapura, Mathius  Awoitauw menabuh tifa saat membukan kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2020 dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendalaman Tupoksi Pengurus KONI Kabupaten Jayapura,  di Sentani, Rabu (11/3). ( FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua pada Oktober mendatang, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Jayapura melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2020 .

Ketua KONI Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si dalam sambutannya meminta kepada masing-masing  bidang yang ada pada organisasi itu agar aktif untuk mempersiapkan diri dalam mensukseskan penyelenggaraan PON 2020. Terlebih khusus bagaimana peran KONI untuk menjaring atlet-atlet mulai dari tingkat kampung di seluruh Kabupaten Jayapura. 

Tetapi lebih dari itu juga Mathius menginginkan agar KONI tidak saja siap dalam rangka PON tapi juga bagaimana pembinaan atlet jangka panjang. Sehingga kebiasaan  Kabupaten Jayapura sebagai gudang atlet dan pemilik atlet terbanyak yang berpotensi itu tidak boleh putus atau hilang.

“KONI harus bisa menjaring bibit atlet mulai dari tingkat  kampung, ini harus betul betul, diperhatikan,” ujar Bupati Jayapura dua periode itu.

Sementara itu, ketua harian KONI Kabupaten Jayapura, Kornelis Yanuaring menyambut baik apa yang disampaikan ketua KONI Kabupaten Jayapura itu.

“Tadi sesuai arahan ketua KONI bahwa atlet ini harus dijaring dari tingkat kampung, makanya kita sudah melantik pengurus KONI ditingkat Distrik, mereka yang akan menjadi perpanjangan tangan dari  KONI ditingkat kabupaten,” bebernya.(roy/gin)