PON 2020 Papua

Kesehatan KONI Papua saat memberikan edukasi kepada para atlet Wushu Papua di GYM Surya Kota Jayapura, Kamis (19/3). ( FOTO: Erik / Cepos)

JAYAPURA – Virus Corona atau Covid-19 saat ini menjadi pandemik global. Virus yang berawal dari Wuhan China itu membuat beberapa even olahraga harus mati suri. 

Untuk di tanah air, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 juga kini ditunda. Kemudian bagaimana dengan even akbar tanah air, PON XX 2020 yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober? Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius berharap covid-19 ini cepat berlalu sehingga even empat tahunan itu tetap berjalan sesuai jadwal. 

“Kita berdoa, semoga penanganan wabah ini cepat berlalu sehingga PON tetap berjalan saat Oktober,” ungkap Kenius kepada awak media saat ditemui disela-sela Sidak di Cabor Wushu Papua, di Gym Surya, Kamis (19/3). 

Kenius juga menjelaskan, meski daerah lain telah meliburkan atletnya, namun KONI Papua tetap meminta atletnya tetap berlatih, agar saat pelaksanaan atletnya tetap tampil pada performa terbaik. 

“Ini juga merupakan keunggulan kita, ditempat lain seperti DKI Jakarta sudah meliburkan atletnya. Tapi ini menjadi kesempatan kita, karena yang berhenti latihan tentu performa mereka menurun, sehingga ini menjadi keunggulan kita,” ujarnya. 

Untuk melindungi atletnya, Kenius menuturkan jika Bidang Kesehatan KONI Papua saat ini mulai aktif memantau atlet secara langsung di masing-masing TC cabor. 

Koordinator Bidang Kesehatan KONI Papua, Jhon Maniagasi mengatakan, bahwa Kamis (19/3) kemarin pihaknya mulai aktif mengunjungi setiap penginapan atlet. 

“Kami akan ke masing-masing tempat penginapan atlet, untuk memberikan edukasi mengenai virus corona dan cara pencegahannya,” ujar Jhon. 

Menurut Jhon, pihaknya akan memberikan edukasi mengenai 7 langkah pencegahan virus corona (covid-19). Serta 6 langkah cara mencuci tangan. 

“Pencegahan seperti tingkat sistem imun tubuh, sering cuci tangan, kurangi bersentuhan, penggunaan masker, jaga kebersihan diri, hindari keramaian, periksakan diri, dan menyampaikan cara-cara mencuci tangan yang benar,” jelasnya. 

“Yang penting itu ketahanan tubuh, jaga pola makan sehat. Kami juga didampingi oleh ahli gizi yang akan langsung ke penginapan,” sambungnya. 

Jhon juga membeberkan, bahwa Kesehatan KONI Papua juga akan membagikan Hand Sanitizer dan masker di masing-masing cabor dan lembaran langkah-langkah pencegahan virus mematikan tersebut. 

“Kita juga akan selalu periksa kesehatan mereka, seperti suhu tubuh badan. Kebetulan kami juga tim virus corona di RS Dok II dan kami juga bekerja sama dengan beberapa RS di Jayapura, tapi jika ada atlet yang menunjukan gejala-gejala covid-19 segera ke RSUD Dok II untuk di periksa,” jelasnya. 

“Tapi karena mereka atlet dan aktifitas mereka selalu olahraga jadi imunitas tubuhnya cukup baik sehingga bisa mencegah penyebaran virus,” tandanya. (eri/gin).