Atlet NPC Papua saat mengikuti rapid tes di Sekretariat NPC Papua, Jumat (5/6) siang kemarin. ( foto: Erik / Cepos)

JAYAPURA – Atlet NPC Papua yang kini disiapkan untuk pelaksanaan Peparnas XVI 2021 akan kembali menjalani TC pemusatan dalam waktu dekat.

Namun sebelum kembali menjalani TC terpusat, 150 atlet dari 8 cabang olahraga yang berada di Kabupaten/Kota Jayapura melakukan rapid tes. Guna memastikan atlet benar-benar bebas Covid-19 saat kembali melakukan TC terpusat.

“Satu jalan yang kita tempuh dari NPC Papua adalah protokoler kesehatan, kami harus memastikan atlet kami sehat sebelum mereka kembali menjalani TC terpusat. Setelah atlet kita rumahkan latihan mandiri di rumah, dengan pemberlakukan new normal kami berencana kembali memanggil atlet untuk masuk dalam penampungan,” ungkap Ketua NPC Papua, Jaya Kusuma kepada awak media disela-sela rapid tes di Sekretariat NPC Papua, Abepura, Kota Jayapura, Jumat (5/6).

Tak hanya atlet yang ada di kabupaten/kota Jayapura, kata Kusuma, atlet NPC Papua yang ada di luar juga akan melakukan rapid tes. Kusuma juga menuturkan, atletnya selama menjalani latihan mandiri di tengah Pandemi Covid-19 selama 2 bulan kurang maksimal. Sehingga dengan penerapan new normal NPC Papua pun kembali memanggil semua atlet masuk dalam penampungan.

“Oleh karena itu saya sebagai ketua NPC Papua mengambil langkah bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Jayapura untuk melakukan rapid tes, sekaligus kita memberikan uang saku atlet,” ujarnya.

Kusuma juga membeberkan, untuk memaksimalkan latihan atlet, NPC Papua akan menampung semua atlet dalam satu hotel.

“Home base nya satu tempat. Misalnya jika kita mengambil satu hotel, maka Hotel itu akan menampung semua atlet NPC yang nanti di tampung sampai pelaksanaan,” jelasnya.

“Di tengah pandemi, atlet tetap akan melakukan latihan dengan protokol kesehatan. Mungkin awal-awal bulan Juli atlet sudah masuk dalam penampungan,” tandasnya. (eri/gin)