Perwakilan anggota DPRD se-Tanah Tabi di Hotel Sunny Garden, Senin (3/8). (FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Asosiasi DPRD se-Tanah Tabi resmi terbentuk Senin (3/8), kemarin. Rapat pembentukan asosiasi ini dipimpin oleh Ketua DPRD Jayapura, Klemens Hamo, SIP. Pembentukan Asosiasi DRPD se-Tanah Tabi ini berlangsung di Hotel Sunny Garden di Sentani  dan dihadiri Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE,M.Si  yang juga Ketua Asosiasi Kepala Daerah Se-Tanah Tabi.

Klemens Hamo mengatakan, pembentukan asosiasi ini merupakan langkah maju dan momentum sejarah. Ia pun meminta agar tak timbul pikiran negatif menyangkut asosiasi ini, karena asosiasi DPRD se-Tanah Tabi dibentuk dengan tujuan mempercepat pembangunan di berbagai bidang di wilayah Tabi.

“Ini bagian dari langkah maju yang dilakukan oleh DPRD se-Tanah Tabi. Ini momentum sejarah, kita berikan sesuatu dan wariskan sesuatu untuk percepatan pembanguan di daerah ini.  Jangan ada pikiran yang merugikan dalam asosiasi ini. Kita punya tujuan melihat infrasktrutr, ekonomi kerakyakatan pembangunan  manusia.  Kita hadir memberikan kesejahteraan kepada masyarakat,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Kepala Daerah Se-Tanah Tabi, yang juga Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si  berharap Asosiasi DPRD se-Tanah Tabi ini bisa memberikan dukungan terhadap visi 4 kabupaten dan 1 ota di Wilayah Tabi yakni membangun kawasan Tabi dan pemanfaatan berbagai sumber daya yang ada di wilayah Tabi.

“Asoasiai kepala daerah se-Tanah Tabi sudah dibentuk lama, aspirasi masyarakat soal pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) kita sambut baik, barangkali dengan DOB ini konektifitas dan kerjasama antar wilayah itu bisa lebih cepat diwujudkan. Ini juga pemerintah sudah kasih informasi beberapa waktu lalu bahwa pemekaran itu bisa terjadi, hanya khusus Papua, kita coba respon dengan asprasi, harap asosiasi bisa bersama-sama memberikan suport,”tambahnya. (roy/tho)