Koordinator lapangan Luzria Costatina Bayak menyerahkan APD diantaranya berupa  masker, antiseptik dalam kemasan dan dalam jerigen yang diterima Sekretaris Dinkes yang juga juru bicara Covid-19 di posko Covid-19 di Karubaga, Rabu (8/4) pekan kemarin. ( FOTO: Diskominfo for Cepos)

KARUBAGA-Merebaknya pandemi virus Corona atau Covid-19, menyebabkan kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) meningkat, sementara  persediaan di pasaran juga mulai sulit ditemukan.  Jika pun tersedia, harganya melambung tinggi. Padahal peralatan ini sangat dibutuhkan bagi para tenaga medis untuk menangani pasien.  

   Menyikapi kondisi ini, Aparat Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Tolikara memberikan sumbangan alat pelindung diri (APD) untuk para petugas medis dalam menangani pasien virus corona di Tolikara.

   Sumbangan diserahkan langsung oleh Luzria Costatina Bayak selaku Koordinator lapangan dan Inisiator Donasi ASN Tolikara untuk Covid-19. Bantuan diterima Kepala Dinas Kesehatan Tolikara diwakili Sekretaris Yusak  Totok Krido yang juga juru bicara Covid-19 Kabupaten Tolikara di Posko Sekretariat Satgas Covid-19 di Karubaga, Rabu (8/4) pekan kemarin.

  “Kebetulan saya sebagai Koordinator lapangan dan dalam aksi kemanusiaan  ini kami ingin membantu tenaga medis Tolikara sebagai garda terdepan menangani atau memutus mata rantai pasien virus corona di Tolikara,”ungkapnya.

   Menurut Luzria Costatina, pihaknya sangat peduli kepada keselamatan para petugas medis yang selama ini menjadi garda terdepan dalam menangani pasien virus Covid-19. Tanpa keberanian dan keikhlasan mereka, tidak akan bisa menangani pasien yang jumlahnya terus meningkat di Indonesia, bahkan di Papua. Karena itu mereka harus dilindungi, salah satunya dengan memberikan mereka APD yang layak.

   Adapun Alat Pelindung Diri (APD) yang diberikan oleh Aparat Sipil Negara ASN  dalam kesempatan itu berupa Masker sebanyak 2000 buah dan 25 liter antiseptic atau aseptan dalam jerigen, serta 250 liter antiseptic dalam kemasan botol.

  Sementara itu Juru bicara Covid-19 Kabupaten Tolikara Yusak Totok Krido dalam kesempatan yang sama mengapresiasi dan megucapkan terima kasih kepada Aparat Sipil Negara ASN Pemkab Tolikara yang telah menunjukkan perhatian dan kepeduliannya kepada para petugas medis yang bertugas di Tolikara. Diharapkan kepada para ASN Pemkab Tolikara belum sempat mendonasikan  kiranya ikut peduli membantu. (Diskominfo Tolikara)*