Pjs. Bupati Asmat Triwarno Purnomo ( FOTO: Humas Pemkab Asmat for Cepos)

*Kumpulkan Semua Pihak, Pjs Bupati Asmat Bahas Penanganan Covid-19 dan Pilkada

AGATS-Pejabat sementara (Pjs) Bupati Asmat Triwarno Purnomo, mengumpulkan semua pihak untuk membahas penanganan Covid-19 dan Pilkada 2020. Pertemuan berlangsung di Aula Wiyata Mandala Dinas Pendidikan, Agats ibukota Kabupaten Asmat, Selasa (6/10).

Hadir dalam pertemuan itu, Ketua KPU Asmat Veronikus Asse, Kepala Bank Papua Cabang Asmat Margaretha L. Rumbekwan, Ketua Klasis GPI Asmat Pdt Rudi Falirat, Kepala Pelni Asmat Seragih, staf ahli bupati, jajaran asisten Sekda, pimpinan OPD dan tamu undangan lainnya.

Dalam pertemuan itu, Sekda Asmat Bartholomeus Bokoropces mendampingi Pjs Bupati. “Selamat datang dan bekerja untuk Asmat untuk Pjs Bupati Triwarno Purnomo,” ucap  Bartholomeus mengawali pertemuan. 

Bartholomeus juga menyampaikan, jajaran ASN di lingkup pemerintahan siap membantu Pjs Bupati Asmat dalam pengabdian selama dua bulan ke depan. “Semoga kepemimpinan Pjs Bupati Asmat dapat bersinergi dengan semua elemen pemerintah yang berada di Asmat,” tutur Bartholomeus.

Sementara itu, Pjs Bupati Asmat, Triwarno Purnomo menyampaikan bahwa tugas utamanya dalam beberapa bulan kedepan adalah mengawal pelaksanaan tahapan Pilkada agar berlangsung aman dan sukses. Serta memastikan penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Terkait penanganan Covid-19, menurut Triwarno, Kabupaten Asmat masih dalam status zona hijau. Meski begitu, semua pihak tidak boleh lengah terhadap virus ini. Mengingat sebagian besar kabupaten tetangga seperti Kabupaten Mimika dan Merauke sudah ditemukan kasus positif Covid-19 sejak beberapa bulan lalu. 

“Walaupun posisi zona hijau kita tidak bisa mengangap tetap bersih dari virus. Karena perlu dijaga dan kawal semaksimal mungkin,” kata Triwarno.

Menurut Triwarno, meski zona hijau namun bukan berarti Kabupaten Asmat bebas dari virus corona. Bisa diduga ada warga yang masuk ke Asmat tanpa sepengetahuan Tim Gugus Covid-19, dan telah membawa virus tersebut. 

“Bisa dicurigai jangan-jangan ada orang yang masuk tanpa sepengetahuan tim Covid-19 Asmat, dan kemungkinan telah membawa virus mematikan itu di tengah masyarakat setempat,” tutur Triwarno.

Triwarno pun mengajak semua pihak untuk sama-sama memantau setiap orang yang masuk ke Asmat, apalagi melalui jalur-jalur tradisional. 

Sebab, kasus kematian dari virus ini akibat terlambat diketahui Tim Gugus Tugas Covid-19. “Maka itu mari dikawal bersama, karena terkadang banyak penyebab kematian orang terkena virus corona penyebabnya karena terlambat diketahui oleh Tim Covid-19,” ujar Triwarno.

Triwarno kembali mengingatkan semua yang hadir dalam pertemuan, untuk sama-sama saling mengingatkan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Baik itu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir yang bersih.

“Kepada semua elemen masyarakat tetap tertib memakai masker, dan mencuci tangan dengan air mengalir,” tambahnya. 

Sementara mengenai Pilkada, Triwarno mengajak semua pihak  mensukseskan Pilkada Asmat.Bagi ASN, diharapkan agar tetap netral selama proses tahapan Pilkada berlangsung. 

Soal pilihan, itu kembali ke masing-masing setiap orang tanpa harus ada intervensi dari pihak manapun.

Untuk itu, Triwarno berharap semua pihak saling mengingatkan menjaga kamtibmas agar pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan aman dan tertib. 

“Masalah coblos siapa itu hak kita nanti saat di bilik suara. Tapi tugas kita hari ini adalah kawal dan beri imbaun damai kepada masyarakat agar Pilkada berjalan suskes,” pungkas Triwarno. (Humas/gin/nat)