Bagian dalam GOR Cenderawasih, Rabu (13/1). Nantinya GOR ini akan menjadi salah satu Venue PON 2021 Papua. ( FOTO:Erik / Cepos)

PON 2021 Papua

JAYAPURA – Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua, Alexander Kapisa mengatakan, bahwa saat ini pemerintah Papua melalui Disorda terus melakukan percepatan administrasi dan teknis soal penggunaan venue bagi para atlet Papua.

“Pada prinsipnyan kami dari pemerintah dalam hal ini Disorda terus mendorong percepatan kesiapan venue-venue untuk digunakan para atlet, terutama atlet kita yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang PON XX tahun 2021,” ungkap Alex sapaan akrabnya kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Rabu (13/1).

“Dan tentunya kami berpijak pada dua aspek, yang pertama dari aspek administrasi dan juga dari sisi teknis. Kami akan mempercepat aspek administrasi khususnya dalam manajemen pengelolaan dan perawatan venue-venue tersebut,” ujarnya.

Kata Alex, pihaknya saat ini masih dalam tahap perampungan beberapa administrasi, khususnya yang dibangun oleh Pemerintah Pusat melalui Kementrian PUPR.

“Sehingga proses hibah atau serah terima ini dapat berjalan dengan baik. Tentu ada beberapa langkah-langkah administrasi harus dipenuhi,” ucap Alex.

Begitupun dengan venue-venue dari APBD sendiri, Alex mengaku, pihaknya harus memastikan semua venue tersebut sudah siap digunakan.

“Karena saat ini masih ada dalam perawatan pihak ketiga, sehingga kami harus memastikan proses perawatan ini dengan pihak ketiga, sehingga pada saat digunakan nanti sudah menjadi konsen kami di Disorda,” ujar Alex.

Tapi Alex membeberkan, bila kedua proses  (administrasi dan teknis) tersebut berjalan dengan baik, ia mengaku atlet Papua dapat berlatih di venue-venue masing pada bulan April mendatang.

“Tentu kami dari Dinas olahraga sudah menyiapkan itu. Sehingga kita harapkan atlet kita yang sedang mempersiapkan diri menghadapi PON XX, di bulan April sudah bisa menggunakan venue-venue dimaksud,” pungkasnya. (eri/gin).