Aktivitas di Pasar Mini yang terletak di pinggir jalan Yahim, kompleks BTN BPD Graha Bintang Timur, Kelurahan Dobonsolo, Distrik Sentani, Sabtu (19/9).

SENTANI-Anggota DPRD Jayapura, Hermes Felle, sangat mengapresiasi inovasi yang ditunjukkan oleh masyarakat di Kota Sentani, khususnya yang tinggal di BTN BPD Graha Bintang Timur yang terletak di RT 5, Kelurahan Dobonsolo, Distrik Sentani. Dimana, meskipun di tengah pandemi Covid-19, namun  warga yang berprofesi sebagai pedagang kaki lima berusaha untuk bersama-sama dengan anggota masyarakat lainnya secara swadaya membangun pasar mini.

“Saya melihat ini adalah satu gebrakan yang sangat bagus dan ini seharusnya ditunjukkan dan diikuti oleh masyarakat yang ada di Kabupaten Jayapura bahwa tidak harus ada pemerintah dulu baru bekerja, mereka berusaha dan berinovasi sehingga tempatnya kosong bisa dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi,” kata Hermes Felle kepada wartawan di Sentani, Sabtu (19/9).

Dia berharap, pasar mini ini diharapkan mampu mempunyai peran penting dalam membantu keuangan dan perekonomian warga Perum BPD Graha BTN Bintang Timur di masa pandemi Covid-19 saat ini.

” Kami harapkan pasar ini mempunyai peran penting bagi masyarakat sekitar, agar pasar ini dapat bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat, yang mana melalui pasar ini dapat menunjang kebutuhan keluarga,” harapnya.

Dia mengatakan, pasar ini dibangun semata-mata untuk membantu kesulitan warga yang mempunyai persoalan  atau masalah keuangan  di masa pandemi Covid-19.

“Dengan adanya pasar mini, maka warga tidak lagi ada  kontak langsung dengan masyarakat lebih luas, karena sudah ada tempat belanja di lingkungan sendiri, pedagang sayur dari luar tidak masuk lagi ke dalam lingkungan perumahan, karena ikan dan sayur dan kebutuhan lain sudah ada. Dengan begitu, masyarakat sekitar juga dapat terhindar dari penyebaran Corona melalui kontak langsung,”ungkapnya.

Hermes menjelaskan, untuk pengelolaan pasar mini sepenuhnya dikelola oleh pengurus RT 01, termasuk pedagangnya  dari warga BTN Bintang Timur.

“Secara gotong royong masyarakat bangun pasar ini, sumber dananya dari warga sendiri dan bukan bantuan dari pemerintah,” paparnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh pengurus RT 05/ RW 01 ini tentunya menjadi satu contoh yang baik bagi RT RW yang lainnya. Sehingga dirinya memberikan apresiasi yang tinggi.

“Kami sebagi wakil rakyat memberikan apresiasi yang tinggi kapada RT 05/ RW 05. Karena ini contoh yang baik. Sehingga kami harap yang lainya juga bisa berkreasi seperti yang dilakukan RT 05 dan RW 01 ini,”pungkasnya. (roy/tho)