Ilgana Demianus Sorontou ( FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI-  Asosiasi Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Tanah Merah (APPMT), ancam turun ke jalan  melakukan demonstrasi akibat minimnya perhatian pemerintah terhadap kerusakan ruas jalan menuju Depapre dan sekitarnya.

“Kami akan menggelar demonstrasi ke Kantor Bupati dan DPRD Jayapura,” kata Ketua APPMT, Ilgana Demianus Sorontou kepada wartawan di Sentani, Sabtu (7/3).

Menurutnya, aksi itu sebagai bentuk protes keras terhadap pemerintah karena sampai saat ini ruas jalan ke daerah mengalami kerusakan yang yang sangat parah dan itu sudah berlangsung lama. Selain ruas jalan menuju Depapre, APPMT juga menyoroti sejumlah ruas jalan kabupaten di wilayah Demta, Distrik Yokari menuju Depapre yang belum tuntas dibangun. 

Akibatnya, masyarakat di wilayah itu selalu menggunakan akses melalui jalur laut.

“Kalau musim hujan atau musim angin, masyarakat sulit melakukan aktivitasnya dan itu sangat mengancam nyawa mereka,” katanya.

Dia mengakui, kewenangan ruas jalan Sentani menuju Depapre  menjadi kewenangan Provinsi Papua, namun ruas jalan itu berada di wilayah Kabupaten Jayapura sehingga pihaknya melakukan aksi demo dan menyampaikan tuntutan itu ke Pemerintah Kabupaten Jayapura dan DPRD. Dengan harapan Pemerintah Kabupaten Jayapura dan DPRD bisa memperjuangkan dan meneruskan aspirasi masyarakat untuk menyelesaikan persoalan kerusakan ruas jalan itu.

“Kami berada di wilayah kabupaten dan kabupaten harus bertanggung jawab terhadap masyarakatnya,”tandasnya.

Pihaknya sudah sudah pernah ketemu dengan Pemerintah Kabupaten Jayapura pada 2018 lalu, namun sampai saat ini tidak ada realisasinya. “Kami sudah datang secara baik kepada pemerintah tetapi tidak ada tanggapan, akhirnya kami akan menyampaikan aspirasi secara terbuka melalui demonstrasi,”pungkasnya.(roy/tho)