JAYAPURA-Untuk memberikan kemudahan dalam menyajikan data dan pelayanan prima kepada warga di kampung yang berada di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, pada hari Selasa(30/6) kemarin, telah dilakukan sosialisasi, pelatihan pengoperasian aplikasi E-Kampung bagi operator dan aparat kampung di Distrik Muara Tami, oleh Kepala Distrik Muara Tami Supriyanto dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan  Kampung (DPMK) Kota Jayapura Jakobus Itaar,S,Sos,M,Si, di Kantor Distrik Muara Tami, Selasa(30/6) kemarin.

Kadistrik Muara Tami Supriyanto didampingi Kepala DPMK Kota Jayapura melihat operator dan aparat kampung dalam menjalankan operasional computer usai diberikan sosialisasi dan pelatihan aplikasi E-Kampung, di Kantor Distrik Muara Tami, Selasa (30/6)kemarin. (FOTO: Jakobus Itaar for cepos)

  Kepala Distrik Muara Tami Supriyanto menjelaskan, tujuan sosialisasi aplikasi E-Kampung tentu untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, dengan kemudahan dari aplikasi yang ada melalui kampung berbasis IT.  

Dengan demikian, harapannya masyarakat tidak berlama-lama dalam menerima pelayanan karena dibutuhkan waktu hanya 5 menit,  sudah bisa terlayani dalam membuat dokumen dan surat pengantar melalui aplikasi E-Kampung ini.   

  Diakui, dalam menerapkan aplikasi E-Kampung tentu pasti ada kendala yang dihadapi di kampung, untuk kampung di Distrik Muara Tami yang sudah masuk jaringan internet tentu mudah bisa dilakukan pelayanan secara online, sedangkan yang belum tentu bisa dilakukan secara offline. Dan diharapkan nantinya semua kampung di Distrik Muara Tami sudah bisa bisa menikmati jaringan internet.

 “Kami berharap pihak Telkom juga bisa membantu kami dalam memasang jaringan internet supaya seluruh  kampung di distrik Muara Tami bisa memberikan pelayanan secara online,”katanya.   

   Diakui, semua aparat dan operator di kampung  sudah  mendapatkan sosialisasi sekaligus pelatihan dan membuat aplikasi, dimana Minggu ini akan dilakukan pemasangan aplikasi di kampung, diharapkan Minggu depannya sudah bisa dioperasionalkan,”ungkapnya.  

  ”Dalam produk aplikasi E-Kampung di dalamnya ada pelayanan administrasi masyarakat sehari-hari dan pelayanan administrasi non perizinan, domisili, surat keterangan usaha dan fitur perizinan serta lainnya. Program ini juga dalam rangka menjawab program wali kota dalam mendukung  pencanangan pelayanan prima tahun 2020 dan ini salah satu inovasi produk pelayanan yang dibuat di Distrik Muara Tami untuk dihubungkan di setiap kampung,”tandasnya.(dil/wen)