Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw saat memimpin sertijab Dir Lantas, Dir Binmas dan pengukuhan Kabid Keu Polda Papua di Aula Rastra Samara Polda Papua, Jumat (29/5). ( FOTO: Elfira/Cepos)

Kapolda Pimpin Sertijab Dir Lantas, Dir Binmas dan pengukuhan Kabid Keu Polda Papua

JAYAPURA- Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menyampaikan, antisipasi penyebaran Covid-19 dengan mempedomani Maklumat Kapolri Nomor 2 Tahun 2020. Serta, melakukan upaya-upaya pencegahan terkait dampak ditutupnya bandara dan pelabuhan dan kerjasama dengan instansi terkait untuk mencegah kenaikan harga dan penimbunan sembako.

Selain itu, ancaman yang berpotensi akan mengganggu situasi kamtibmas di papua. Yang mana semua itu memerlukan perhatian yang tulus dan komitmen yang kuat dalam penanganan kita bersama.

“Kita tekadkan bersama di dalam penyelesaian setiap permasalahan ini dengan sikap persuasif, sikap responsif dan proporsional, serta sikap kemitraan dengan pemberdayaan tomas, toga dan todat,” ucap Kapolda saat memimpin serah terima jabatan Dir Lantas, Dir Binmas dan pengukuhan Kabid Keu Polda Papua di Aula Rastra Samara Polda Papua, Jumat (29/5).

Lanjut Kapolda, Maklumat Kapolri Nomor 2 Tahun 2002 untuk ditaati  dan ikuti oleh masyarakat, Kapolda juga setuju warga masyarakat lebih kuat untuk berkomitmen dengan pemerintah. 

Adapun tiga Pejabat Utama Polda Papua yakni Kombes Pol Juhana Zulfan, Kombes Pol  Supriyadi, dan Kombes Pol Mohamad Nasihin, yang mendapatkan promosi jabatan. Kombes Pol  Juhana Zulfan yang menjabat sebagai Kabid Keu Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Kabid Keu Polda Kalteng, dan akan digantikan oleh AKBP Widianto Wahyu Nugroho yang sebelumnya menjabat sebagai Irbid Itwasda Polda NTB.

Kombes Pol Supriyadi yang sebelumnya menjabat sebagai Dir Lantas Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Kamsel Korlantas Polri (dalam rangka pendidikan Lemhanas PPRA LXI T.A 2020) dan akan digantikan oleh Kombes Pol Mohamad Nasihin yang sebelumnya menjabat sebagai Dir Binmas Polda Papua.

Kombes Pol Gatot Aris Purbaya  yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Muda Sespimmen Sespim Lemdiklat Polri akan menduduki jabatan baru sebagai Dir Binmas Polda Papua.

Menurut Kapolda, sertijab ini merupakan hal biasa. Namun sangat penting di tubuh Kepolisian, dengan tujuan regenerasi kepemimpinan dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para perwira untuk mengembangkan karier melalui jenjang penugasan yang beragam dan ini juga sebagai rangkaian kegiatan tour of duty dan tour of area.

“Disamping itu juga sebagai upaya penyegaran terhadap suasana managerial dan kepemimpinan yang penuh kreativitas, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kinerja polri dalam mengantisipasi setiap perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam masyarakat,” ucapnya. 

Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kinerja Polri dalam mengantisipasi setiap perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam masyarakat meliputi pendidikan masyarakat, penegakan hukum, pengkajian masalah lalu lintas, registrasi dan identifikasi pengemudi dan kendaraan bermotor serta patroli jalan raya yang didukung teknologi informasi dan komunikasi serta mewujudkan kamseltibcarlantas. (fia/wen)