Suasana arus balik yang mulai terlihat ruang kedatangan Bandara Wamena sehingga UPBU Wamena meminta penambahan jadwal penerbangan bagi dua maskapai di Bandara Wamena, Senin (10/6). ( FOTO : Denny/ Cepos )

WAMENA-Untuk mengantisipasi arus balik pasca lebaran ke Bandara Wamena,  Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas 1 Wamena bakal menyediakan jadwal penerbagan tambahan atau  ekstra flight bagi Trigana Air dan Wings Air. Sebab, mulai saat ini arus balik sudah mulai terlihat di Bandara Wamena.

   Kepala UPBU Kelas I Wamena Joko Harjani mengaku untuk arus balik ke Wamena pasca libur lebaran ini, pihaknya telah meminta maskapai penerbangan yang   beroperasi di Wamena untuk melakukan ekstra flight apabila ada penumpukan penumpang di Bandara Sentani Jayapura dengan tujuan Wamena. 

  “Kami sudah meminta kepada dua maskapai penerbangan yang beroperasi di Jayawijaya, yakni Trigana dan Wings. Apabila terjadi penumpukan penumpang di Bandara Sentani akan dilakukan ekstra flight  ke Wamena,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Senin (10/6) kemarin.

    Menurut Joko, Trigana Air sudah melakukan ekstra flight sehari menjelang hari masuk kerja. kerja. Ekstra flight ini juga bisa melayani penumpang yang masih tertunda penerbangannya ke Jayapura. 

  Untuk penerbangan ATR yang digunakan dua armada penerbangan ini, kata Joko, rata –rata penumpang yang bisa diangkut itu 70 orang sekali terbang dari Jayapura. Dengan dua armada, dimana Trigana 5 kali dan Wings 3 kali itu yang bisa terangkut dalam 8 kali penerbangan dikalikan dengan 70 seat, diperkirakan  bisa 560 orang yang diberangkatkan menuju Wamena dalam sehari.

  “Ekstra flight ini hanya dilakukan apabila ada penumpukan di Jayapura, sekalian juga bisa dimanfaatkan oleh penumpang yang masih menumpuk di Wamena, namun apabila tidak ada penumpukan di Jayapura maka tak ada ekstra flight  atau maskapai akan berjalan normal kembali,”katanya.

   Hingga saat ini, lanjut Joko, masih ada penumpukan penumpang di Bandara Wamena sehingga diharapkan dengan adanya ekstra flighat ini dapat dimanfaatkan oleh penumpang yang dari Wamena juga agar tak terjadi penumpukan dan bisa berjalan kembali dengan normal seperti biasanya.

   “Saat ini hanya dua penerbangan saja yang beroperasi di Bandara Wamena, khususnya penerbangan komersil, sehingga memang kita harus meminta kepada maskapai untuk menambah jadwal penerbangannya,”pungkasnya. (jo/tri)