Para pemenang dan panitia pelaksana ketika memperlihatkan hadiah mancing lomba berhadiah di Pantai Tiptop Biak, kemarin. ( FOTO : Fiktor/Cepos)

BIAK-Lomba mancing ikan laut kembali digelar dalam acara Festival Biak Munara Wampasi (BMW) VII, kemarin. Lomba mancing ikan itu juga merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Kabupaten Biak Numfor dalam mengangkat potensi perikanan sebagai salah satu potensi unggulan.

  “Lomba mancing ini juga merupakan bagian dari upaya mengangkat potensi unggulan daerah, Kabupaten Biak Numfor yang berada di wilayah kepulauan memiliki potensi perikanan. Karenanya dalam Festival BMW VII kembali kami lakukan lomba mancing ikan laut berhadiah,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor yang juga adalah Ketua Panitia FBMW VII Onny Dageubun, S.Pi.,M.Si.

  Lomba mancing berhadiah itu diikuti puluhan tim, mereka menggunakan perahu untuk mancing dengan waktu yang telah ditentukan. Setiap peserta atau tim tidak sekedar datang membawa ikan ke panitia, namun wajib memperlihatkan video setiap ikan yang ditangkap dengan cara memancing.

  “Jadi kita timbang ukuran terbesar atau terberat, siapa yang paling berat ikannya itu keluar sebagai juara I. Tapi, hal yang terpenting juga wajib memperlihatkan videonya ke panitia,” tandasnya.

  Sekedar diketahui bahwa juara untuk kategori tradisional masing-masing juara I diraih tim Jerman dengan berat ikan 9,74 kg, lalu tim Karabas juara dua dengan berat ikannya 9.4 kg, dan juara Juara 3 tim  Exell 4,6 Kg. Sedangkan mancing untuk kategori modern  masing-masing juara I diraih oleh Duo Insamen 9,3 kg, juara II oleh tim  Ribas FC dengan total berat ikannya 6,8 kg dan juara III diraih oleh tim  OCEA Jiger Club dengan 6,5 kg.(itb/tri)