JAYAPURA – Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule SpOG(K) mengatakan berdasarkan data yang pihaknya terima pada Rabu (22/9) lalu tercatat penambahan kasus terkonfirmasi sebanyak 18 kasus.

“Penambahan 18 kasus tersebut ada kenaikan dari sebelumnya 10 kasus, maka total kasus terkonfirmasi tercatat sebanyak 42.332 sampai dengan posisi Rabu (22/9) lalu. menurutnya kesadaran masyarakat dalam hal mendukung percepatan vaksinasi, upaya dari semua pihak baik itu satgas Covid-19 Kab/kota, TNI/Pori, pemerintah memberikan hasil yang memuaskan,” katanya kepada Cenderawasih Pos, Jumat (24/9) kemarin.

Diakuinya, tidak sampai disitu dengan kondisi ini diharapkan semua peraturan dalam hal pencegahan serta pengendalian kasus Covid-19 di papua harus terus dilakukan guna meningkatkan hear immunity sekaligus juga terus mengurangi angka kematian dan terkonfirmasi.

“Angka kematian juga sampai dengan saat ini terus menurun, bahkan beberapa kabupaten/kota di Papua sudah memasuki dalam level 2 dan 1, meski Kabupaten Mimika dan Merauke masih terus dilakukan upaya-upaya seperti yang diharapkan pemerintah pusat,” tambahnya.

Lanjutnya, sementara untuk setiap kabupaten/kota yang sudah masuk pada level 2 dan 1 untuk terus menjaga kondisi tersebut agar sampai dengan keberlangsungan PON dan Peparnas aktivitas bisa kembali berjalan seperti biasa. (ana/gin)