JAYAPURA – Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule SpOG(K) menjelaskan kondisi perkembangan Covid 19 terhiting Rabu (19/5) menujukan bahwa jumlah kasus yang terkonfirmasi tercatat sebanyak 22.121 orang.

Lanjutnya, sementara kasus sembuh tercatat sebanyak 21. 042 orang atau 95,1%, sementara yang pasien Covid 19 yang dirawat sampai dengan Kamis (20/5) kemarin tercatat sebanyak 645 atau sebanyak 2,9%.

“Angka ini ada kenaikan tetapi tidak terlalu signifikan, hanya saja yang menjadi perhatian kita saat ini adalah, angka kematian dikarenakan Covid 19 mengalami kenaikan, dari 1,9% kini naik menjadi 2% atau sebanyak 434 orang dinyatakan meninggal karena Covid 19 sejak pandemi ini muncul di Provinsi Papua,” katana kepada Cenderawasih Pos, Kamis (20/5) kemarin.

Diakuinya, angka kematian mengalami kenaikan  kurang lebih 0,1%, dengan kenaikan angka kematian ini perlu mendapat perhatian dari semua pihak.

“Khususnya, dalam hal menaati protocol kesehatan dan pelaksanaan vaksin harus tetap dilakukan, guna menekan angka kematian yang disebabkan oleh Covid-19, karena sampai dengan saat ini Covid 19 masih ada dan perlu menjadi perhatian kita bersama,” terangnya.

Untuk diketahui, berdasarkan dengan data yang diupdate oleh Satgas Covid 19 Provinsi Papua, terkonfirmasi diperoleh dari 4 kabupaten 1 kota, dikarenakan factor jaringan saat ini, penyususnan data per kabupate/kota mengalami kendala.

“Adapun 4 kabupaten, 1 kota tersebut yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke, Biak dan Mimika. Harapan besar kami Tim Covid 19 Provinsi Papua adalah pihak-pihak terkait yang berhubungan dengan jaringan internet agar dapat mempercepat perbaikan jaringan,” terangnya. (ana/gin)