JAYAPURA- Terjadi penambahan kasus positif baru di Papua, berdasarkan data Satgas Covid 19 Provinsi Papua, Jumat (7/8) kemarin. Data Satgas Covid-19 Provinsi Papua yang telah dikonfirmasi Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., tersebut diketahui penambahan sebanyak 12 kasus positif baru.

Diketahui bahwa tambahan 12 kasus ini berasal dari Kota Jayapura dengan tambahan 1 kasus, Mimika dengan tambahan 8 kasus, Merauke dengan tambahan 2 kasus, dan Mamberamo Tengah dengan tambahan 1 kasus.

Sebagaimana disampaikan di berbagai kesempatan bahwa penambahan kasus positif ini menunjukkan bahwa Covid-19 belum berakhir. Sebaliknya, masih berada di tengah-tengah masyarakat. Oleh karenanya, salah satu langkah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Papua adalah dengan menjalankan protokol kesehatan. Yakni  mengenakan masker, rajin mencuci tangand dengan sabun dan di air mengalir, menjaga jarak, serta tidak berkumpul atau berada di tengah kerumunan banyak orang.

Selain penambahan kasus positif baru, kemarin terjadi pula penambahan kasus sembuh sebabnyak 79 kasus. Diketahui bahwa kasus ini berasal masing-masing dari Mimika dengan 2 kasus, Kabupaten Jayapura dengan 7 kasus, dan Kota Jayapura dengan 70 kasus tambahan.

Dengan penambahan kasus sembuh ini, maka total kasus sembuh di Papua telah mencapai 1.822 kasus atau 58 persen. Sedangkan kasus dirawat mencapai 1.263 atau 41 persen. Dengan kata lain, angka kasus sembuh sudah jauh melampaui kasus dirawat.

Dengan catatan ini, maka diketahui bahwa kasus positif secara kumulatif di Papua telah mencapai 3.120 kasus. Dimana masih ada 1.263 pasien yang dirawat, pasien yang telah dinyatakan sembuh mencapai 1.822 pasien, dan terdapat 35 pasien meninggal dunia. Sedangkan kontak erat mencapai 2.961 orang, suspek berjumlah 276 pasien, dan pemeriksaan PCR/TCM yang telah mencapai 30.704 sampel. (gr/nat)