Kasat lantas Polres Jayapura, AKP Andika Purba saat menahan salah satu pengendara yang tidak menggunakan helm di Jalan Raya Kemiri Sentani, Rabu (11/3), pagi. ( FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Jayapura rutin menggelar hunting atau razia kelengkapan kendaraan bermotor di sekitar wilayah Kota Sentani. Jika selama ini razia dilakukan siang atau sore hari, makasaat ini jadwalnya berubah.

Kasatlantas Polres Jayapura, Andika Purba mengatakan, saat ini razia tidak saja dilakukan pada pagi hari.

“Karena pada pagi hari juga pelanggaran sering terjadi. Harapan kami, pengguna jalan ini jangan hanya taat aturan kalau ada polisi,” kata Andika saat ditemui media ini di sela-sela razia Ranmor di Jalan Kemiri, depan Tabita Sentani, Rabu (11/3).

Lanjut dia, pihaknya akan terus melaksanakan  razia kendaraan bermotor di sekitar wilayah Kota Sentani. Selain waktunya diubah, titik razia juga menyebar ke beberapa wilayah di seputar Kota Sentani. Ini guna menghilangkan pandangan  masyarakat yang menganggap jika polisi  hanya menggelar razia di satu titik saja.

“Razia kendaraan ini kami lakukan setiap hari, namun jamnya berubah-ubah. Kalau biasanya siang, tapi hari ini kami lakukan pagi. Supaya masyarakat yang biasanya hanya melihat polisi baru tertib, ukur-ukur waktu, kalau siang ada razia baru dia tertib. Supaya yang tidak tertib pagi hari juga terjaring,” jelasnya.

Dia menyebut, untuk razia saat ini lebih fokus kepada pelanggaran yang sifatnya kasat mata, misalnya pengendara yang tidak menggunakan plat nomor, helm. Namun tidak menutup kemungkinan juga berkembang kepemeriksaan terhadap surat surat atau kelengkapan sepeda motor.(roy/tho).