Umat Muslim saat mengikuti salat berjamaah di Masjid Al-Aqsa Merauke, Jumat (31/7). Sebelum pandemi terjadi,  halaman masjid Raya Al-Aqsa Merauke dipadati  umat Muslim  untuk menunaikan salat Idul Adha ( FOTO: Sulo/Cepos)

MERAUKE-Kepolisian Resor Merauke  menurunkan  sedikitnya  145  personel  untuk  pelaksanaan  salat Idul Adha   yang digelar  di seluruh masjid dan musala  yang ada di  Merauke,   Jumat (31/7) pekan kemarin.Personel  yang  disiagakan  tersebut  untuk mengatur  lalu lintas di setiap  masjid dan  musallah.

“Total   personel yang kita turunkan untuk   pengamanan sebanyak 145 orang,’’ kata Kapolres  Merauke AKBP Agustinus Ary Purwanto, SIK didampingi Kabag Sumda Kompol Ridwan, SH dan Kabag Ops AKP Erol Sudrajat, S.Sos, M.Si  kepada wartawan  di Kantornya, Kamis (30/7).   

   Sementara   untuk  pemotongan  hewan kurban, Kapolres menjelaskan bahwa  untuk Polres Merauke sebanyak 11 sapi kurban dan 6 ekor kambing disembelih.    Sementara  itu, dari pantauan  media  ini di Masjid Raya   Al-Aqsa  dan Masjid  Pasar Wamanggu  Merauke, pelaksanaan  salat Idul Adha   tersebut berjalan  dengan  aman dan lancar.

   Untuk  Masjid Agung Al-Aqsa Merauke, pelaksanaan  salat Idul Adha kali ini terlihat sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika setiap tahunnya, jamaah   penuh sesak memenuhi   halaman masjid sampai  jalan,   kali     ini hanya ratusan jamaah  yang memenuhi halaman  masjid dengan protokol kesehatan.    

  Sementara   itu  di Masjid Wamanggu   juga di gelar salat Idul Adha.    Ketua PKM  Masjid Mujahidin Pasar Wamanggu  Merauke  H. Ali Syahbana  menjelaskan   bahwa pihaknya  tetap mengikuti anjuran dari pemerintah dengan menerapkan  protokol kesehatan dimana setiap jamaah menggunakan masker,   jamaah membawa  tempat salat sendiri.

  “Kami pengurus  juga menyiapkan sabun cuci  tangan, hand sanitizer  serta 200  masker  bagi jamaah  yang datang  tanpa  masker,’’ katanya. 

   Pelaksanaan salat Idul Adha di masjid  ini, kata Ali Syahbana dimana  bertindak sebagai kotib  adalah Ustad Fatahillah  dan sebagai Imam Ustad Nasrul.  ‘’Pada Idul Adha   kali ini, jumlah sapi   kurban yang kami sembelih sebanyak  16 ekor sapi yang akan  dipotong di RPH pada Minggu (kemarin.red). Total  kupon  yang  sudah kami bagikan sebanyak 800. Tapi, tentunya ini  masih akan bertambah   saat  pemotongan nanti,’’ tambahnya. (ulo/tri)