Kabidhumas Polda Papua Kombespol A.M. Kamal

*Distribusi Logistik Melalui Udara, Darat dan Sungai

JAYAPURA- Sebanyak 520 personel TNI-Polri disiagakan untuk amankan pemungutan suara Pemilihan Kepala  Daerah (Pilkada) susulan  di Kabupaten Boven Digoel, Senin (28/12) hari ini. Adapun logistik Pilkada sudah sampai ke distrik-distrik yang ada di Boven Digoel.

  Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengatakan, TNI-Polri terus melakukan konsolidasi untuk menjaga situasi Kamtibmas di Kabupaten Boven Digoel agar tetap aman dan kondusif.

 “Untuk perkuatan anggota Polri ditambah dengan anggota BKO Brimob Kalimatan Barat sebanyak 440 personel sementara rekan-rekan dari TNI sebanyak 80 personil,” ucap Kamal saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos, Minggu (27/12).

 Lanjut Kamal, terkait dengan pergeseran logistik sudah dibagi oleh personel Polres ke seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Boven Digoel guna melakukan pengamanan.

“Untuk personel BKO akan kami ploting di beberapa titik-titik yang harus diamankan, baik itu mobile di sekitar masyarakat guna memberikan imbauan Kamtibmas,” terang Kamal

Sementara untuk distribusi sendiri dilakukan melalui 3 jalur yaitu jalur udara, darat dan sungai. Hal ini terkait dengan kondisi geografis yang harus lebih dahulu didistribusikan adalah jalur sungai dan udara.

Dikatakan, Kabupaten Boven Digoel memiliki 107 kampung dan 220 TPS serta 36.882 jiwa yang akan mengikuti pencoblosan hari ini. Masyarakat diharapkan dapat datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya yang menurut masyarakat dapat memberikan kebaikan di 5 tahun mendatang untuk Kabupaten Boven Digoel.

“Seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas tetap aman dan Kondusif,” imbau Kamal.

Sebelumnya pada Kamis (24/12), personel Polres Boven Digoel telah melakukan pengawalan pendistribusian logistik Pilkada di tiga distrik di Kabupaten Boven Digoel. Adapun ketiga distrik tersebut yakni Distrik Firiwage, Distrik Manggelum dan Distrik Jair.

Personel  Polri melakukan pengawalan pendistribusian logistik Pilkada bersama Ketua PPD dan Ketua Panitia Distrik menggunakan speed boat besar dan kecil melalui Pelabuhan Tanah Merah.

“Untuk pergeseran logistrik Pilkada ke Distrik Firiwage dikawal oleh empat personel. Untuk pergeseran logistik ke Distrik Manggelum sebanyak tiga personel yang mengawal dan ke Distrik Jair dikawal langsung oleh Patmatwil Distrik Ipda Henry bersama delapan personel,” terang Kamal.

Sekedar diketahui, pendistribusian logistik di beberapa Distrik yang ada di Kabupaten Boven Digoel setelah pelaksanaan pemungutan suara pada sembilan Desember lalu sempat mengalami penundaan. Hal ini dikarenakan adanya gugatan oleh paslon nomor urut 4.

Setelah Bawaslu Kabupaten Boven Digoel menyatakan paslon nomor urut 4 dapat mengikuti Pilkada tahun 2020, maka rencana pemungutan suara untuk Kabupaten Boven Digoel akan dilaksanakan, Senin (28/12) hari ini.

“Siapapun yang terpilih nanti merupakan putra terbaik Kabupaten Boven Digoel yang akan memimpin untuk 5 tahun kedepan, mari kita dukung pemimpin terpilih untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Boven Digoel kedepan,” pungkasnya. (fia/nat)