Aktivitas perdagangan di Pasar Sentral Hamadi yang mulai kembali normal, Senin (20/7) kemarin. (FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA –  Setelah sebelumnya aktivitas belanja sepi dan sempat ditutup kurang lebih dua minggu  karena kasus Covid-19, kini kegiatan operasional jual beli di Pasar Central Hamadi telah kembali pulih.

  Muslika penjual komoditi pertanian di Pasar Central Hamadi menjelaskan, semenjak  aktivitas pasar ditutup karena adanya Covid-19 di Pasar Central Hamadi, dirinya bersama para pedagang lainnya tidak berjualan kurang lebih 2 minggu.

 Pedagang juga dianjurkan mengikuti rapid test dan melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Selama itu dirinya benar-benar tidak dapat berjualan, malah setelah pasar dibuka kembali pembeli juga sepi karena masih khawatir terjangkit Covid-19.

 “Padahal kami semua sudah melakukan protokol kesehatan covid-19 yang dianjurkan pemerintah baru kemudian kami kembali melakukan kegiatan jual beli. Namun sampai dengan bulan Juni, untuk mengumpulkan Rp 1 juta setiap hari saja sulit sekali kami dapatkan karena sepinya pengunjung,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Senin (20/7).

Diakuinya, perlahan-lahan situasi mulai kembali normal, semenjak memasuki awal Juli, kegiatan operasional jual beli di Pasar Central Hamadi mulai kembali menggairahkan, omzet juga mulai kembali meningkat sedikit demi sedikit.

“Sekarang Alhamdulillah sehari jualan kami bisa kumpulkan uang hingga Rp 3 juta/hari. Sebelumnya, untuk dapat Rp 1 juta/hari saja sulit sekali, sekarang aktivitas masyarakat ke pasar juga mulai banyak terlihat,” terangnya.

Untuk harga komoditi pertanian sendiri diakuinya masih normal, hanya cabai rawit yang mengalami kenaikan harga sudah lebih dari sebulan, cabai rawit Rp 90 ribu/kg harga normal Rp 70 ribu/kg, bawang merah Rp 60 ribu/kg, bawang putih Rp 30 ribu/kg, tomat Rp 15 ribu/kg, sedangkan untuk sayuran masih normal Rp 5 ribu/ikat.

 Sementara itu, Ani penjual komoditi pertanian di Pasar Central Hamadi juga membenarkan bahwa selama masa karantina sampai dengan pasar kembali beroperasi dirinya kesulitan mencari pelanggan, namun semenjak bulan Juli aktivitas pasar kembali normal.

“Kami mulai bisa melayani konsumen dengan baik, karena sebelumnya kami berjualan tetapi konsumen takut berbelanja. Paling yang datang belanja hanya mereka yang berada di seputaran Hamadi, sekarang kegiatan jual beli di Pasar Central Hamadi bisa dikatakan mulai membaik,” jelasnya.

 Ditambahkan, harga komoditi pertanian yang ia jual masih normal. Hanya cabai rawit saja yang mengalami kenaikan harga dan sampai saat ini harga cabai rawit masih Rp 90 ribu/kg, cabai keriting Rp 70 ribu/kg, cabai besar Rp 70 ribu/kg, bawang putih Rp 30 ribu/kg, bawang merah Rp 60 ribu/kg dan tomat Rp 15 ribu/kg.(ana/ary)