Tampak kondosi jalan menuju Mapolres Jayapura yang sangat memprihatinkan dan butuh perhatian dari Pemkab Jayapura. Foto ini diambil, Kamis (22/4). (FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Kondisi jalan menuju Mapolres Jayapura yang terletak di Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu, cukup memprihatinkan, padahal jalan ini cukup ramai dilalui masyarakat setiap hari.

Kerusakan jalan menuju Mapolres Jayapura ini diakibatkan oleh penataan saluran drainase yang tidak baik. Hal ini menyebabkan air yang seharusnya mengalir di saluran drainase terpaksa  meluap ke jalan atau pinggir jalan yang sehari-hari digunakan oleh masyarakat, termasuk anggota polisi saat berdinas.

“Kurang tahu pastinya kapan terakhir kali jalan ini dikerjakan, tapi kondisinya sangat menyedihkan,” kata Billy, salah satu warga yang tinggal di Doyo Baru, saat ditemui media ini di Mapolres Jayapura, Kamis, (22/4) kemarin.

Menurutnya, kondisi seperti ini semestinya tidak harus terjadi, apalagi akses jalan menuju kantor dengan tingkat kunjungan masyarakat yang sangat ramai.

“Ini sangat menyedihkan, saya dan bahkan kami yang tinggal di perumahan sebelah Polres itu juga prihatin dengan kondisi jalan ini,”tandasnya.

Pihaknya berharap agar ada perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura kalau memang kewenangan perbaikan jalan itu menjadi tanggung jawab Pemkab Jayapura. Namun apabila ini menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi ataupun pemerintah pusat maka perlu dikomunikasikan dengan baik sehingga segera diperbaiki.

“Saya di sini berbicara mengenai kepentingan umum, bukan saja karena kantor polisi ada di sini. Tapi itu juga salah satunya karena memang ruas jalan ini seperti tidak diperhatikan. Belum lagi ada pasar ikan di samping Polres Jayapura, tentu kesanya kumuh sekali,” tambahnya. (roy/tho)