Kasat Binmas Polres Jayawijaya AKP Harbani Paruki ajak warga jaga Kamtibmas bersama di Kantor LMA Kabupaten Jayawijaya, Senin (12/1).

Juga Koordinasi Terkait Buku Panduan Denda Adat 

JAYAPURA- Sambangi Ketua LMA Herman Doga, Kasat Binmas Polres Jayawijaya AKP Harbani Paruki ajak warga jaga Kamtibmas bersama di  Kantor LMA Kabupaten Jayawijaya, Senin (12/1).

 Kunjungan tersebut untuk koordinasi terkait buku himpunan peraturan dan keputusan LMA tentang sanksi hukum adat istiadat Kabupaten Jayawijaya, yang nantinya sebagai acuan pihak kepolisian untuk memediasi kasus secara adat, sekaligus untuk bersilaturahmi.

 “Kami juga mengimbau agar Herman Doga dapat bekerja sama dengan anggota Binmas sebagai mana sudah terjalin komunikasi dengan baik selama ini,” ucapnya.

 Lanjutnya, adanya bantuan dari lembaga adat diharapkan dapat membantu pihak Polri  menyampaikan dan mengimbau masyarakat adat Kabupaten Jayawijaya agar dapat menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Jayawijaya dengan baik dan tidak terpengaruh dengan isu-isu yang tidak benar.

 “Demi melancarkan tugas dan tanggung jawab dalam pelayanan masyarakat, kami juga meminta buku panduan denda adat yang sudah disepakati di Kabupaten Jayawijaya dan apabila ada masalah yang berkaitan dengan adat, maka pihak lembaga masyarakat adat  dapat membantu pihak kepolisian penyelesaian masalah adat,” ucapnya.

 Selain itu, menyikapi anjuran pemerintah terkait dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19, pihaknya berharap para ketua adat dapat memberikan  imbauan kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan, sesuai dengan yang telah ditetapkan yakni 3M (Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Memakai masker). (fia/ary)