Suasana pameran aquarium di Saga Mal Abepura,  Minggu (20/12) kemarin. ( FOTO: Papua Scaper Jayapura For Cepos)

JAYAPURA – Guna memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat yang memiliki hobi baru dalam hal piara ikan dalam akuarium, Komunitas “Papua Scaper Jayapura” menggelar pameran di Saga Mal Abepura, Minggu (20/12).

Ketua Komunitas Papua Scaper Jayapura, Rudi mengatakan,  ini salah satu hobby positif dimana pihaknya mengajak dan merangkul masyarakat khususnya di Papua agar bisa berkreasi dan menghidupkan jiwa seni masyarakat di Papua, khususnya di bidang aquascape.

“Dalam kegiatan ini, kami juga melakukan  publikasi dan edukasi terkait tanaman dan hewan aquascaper endemiPapua yang bernilai tinggi,”ujarnya kepada Cenderawasih Pos, Senin (21/12) kemarin.

Lanjutnya, meningkatkan kreativitas Scaper Papua, mampu meningkatkan semangat Scaper, sehingga akan terus berusaha dan berkarya. Juga  menumbuhkan solidaritas sesama penggemar aquascape, sehingga memperlancar komunikasi untuk bertukar ide dan mendapatkan perkembangan ilmu baru terkait aquascape.

“Dengan spirit kearifan local,  Scaper Papua memperkenalkan, mengembangkan dan mempertahankan ekosistem papua yang bernilai tinggi. Aquascape adalah seni mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu dan yang lainnya di dalam media kaca atau akrilik, berbentuk kotak kaca maupun bentuk lainnya yang serupa akuarium,” jelasnya.

Ditambahkan, dalam pameran ini pihaknya juga menjual tanaman air dan aquarium mulai dari harga Rp 1 jutaan. (ana/ary)