Melihat Keberadaan Terminal Tipe B Waena yang Tak Kunjung Dioperasikan 

Terminal Tipe B Waena yang berada di batas Kota dan Kabupaten Jayapura sudah lama selesai dibangun, namun belum juga dioperasikan, padahal terminal bayangan di Ekspo Waena sudah sesak Kapan akan dioperasikan? 

Laporan Noel Wenda 

Masyarakat yang melintas di kawasan Ekspo Waena, harus ekstra hati-hati mengingat di tempat tersebut banyak kendaraan yang berputar, sementara minimnya petugas yang ditempatkan di daerah tersebut kian menambah keruwetan. 

 Angkutan umum baik jurusan Abepura-Waena dan Waena-Sentani kadang menaikkan atau menurunkan penumpang tidak ada tempatnya  membuat daerah tersebut tak nyaman bagi mereka yang baru menaiki jalur tersebut. 

 Penumpang angkutan umum  Waena –  Sentani berharap terminal Batas Kota suda harus diaktifkan guna memberikan tempat yang layak bagi masyatakat di Kota Jayapura dan Sentani . Ibu Yulce yang hendak mengantri giliran naik mobil di terminal sementara Expo Waena, kepada Cenderawasih Pos, mengatakan terminal taksi di Waena sudah harus dipindah ke tempat yang lebih strategis. 

“Seharusnya sudah diaktifkan terminal yang baru, kan sudah lama selesai to, biar kita ada tempat duduk dan juga ada tempat berteduh  dari hujan dan panas matahari,” katanya sambil menunggu taksi starwagon yang mengangkut mereka.  

 “Kami dengar sudah akan diresmikan bersama stadion yang baru itu, tapi stadion yang baru sudah diresmikan, tapi kenapa terminal yang dipakai sehari-hari belum juga dioperasikan, sampai kapan kita terus berada di terminal sementara,” keluhnya.

 Sementara dari pantauan Cenderawasih Pos, terminal tipe B  tersebut masih tertutup pagarnya, sementara di bagian depan tertulis Selamat atas peresmian Pasar di Tipe B namun belum juga di operasikan sementara dari sisi bangunan semuanya terlihat sudah rapi.

 Bahkan di depan terpampang tulisan Pemerintah provinsi Papua Dinas Perhubungan mengucapkan selamat dan sukses atas peresmian terminal tipe B Waena Kota Jayapura oleh Gubernur Papua Lukas enembe SIP  pada tanggal 23 Oktober. 

  Sementara itu di tempat terpisah sekretaris Soldaritas Pedagang Asli Papua (Solpap) Natam Tebai mengharapkan agar dalam penggunaan pasar tersebut pemerintah juga dapat memberikan ruang bagi mama- mama pedagang Papua  yang berjualan di pinggiran jalan Expo waena untuk juga dapat berjualan dengan tempat yang layak.

 Kepala Dinas Perhubungan Kota Jayapura, Jastin Sitorus mengatakan terminal Batas Kota itu ranahnya Provinsi karena dibangun oleh Provinsi Papua. 

 “Agak tertutup soal kapan diaktifkan maka kami Pemkot harapkan, tanggal 23 sudah diresmikan kemarin tangal 23 di resmikan dan tanggal 24 saya koordinasi kapan bisa kita operasionalkan tapi mereka jawab masih ada yang perlu diperbaiki,”jelasnya.

 Koordinator angkutan umum Sentani Waena, Mesak Hengga di Expo Waena, belum lama ini mengatakan terminal baru harus dioperasikan sesegera mungkin.    “ Yang kami tahu, masih menunggu keputusan  pemerintah , taoi sejauh ini nelum ada kejelasan,” katanya. 

 Sementara Itu Tamrin dari UPT Dinas Perhubungan Provinsi Papua mengatakan pengoperasian  terminal tipe B Waena masih belum bisa dilakukan karena masih ada sejumlah perbaikan  di bagian dalam terminal.   “Sementara masih ada pekerjaan kecil – kecil seperti plafon dan kami akan rapat lagi dulu soal pengoperasian terminal itu, “katanya singkat. (*/wen)