KOTA JAYAPURA: Pemandangan Kota Jayapura di waktu malam yang dilihat dari Polimak, Distrik Jayapura Selatan, Minggu (7/7). Mulai Senin (8/7) jalur Jayapura-Polimak ditutup karena ada perbaikan jalan di Polimak Kalam Kudus. ( FOTO : Elfira/Cepos)

JAYAPURA-Terhitung mulai Senin (8/7) hari ini, jalur Polimak-Jayapura dilakukan sistem buka tutup terkait dengan pengerjaan ruas jalan di Polimak Kalam Kudus yang mengalami kerusakan akibat tanah longsor, Maret lalu.  

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas yang dikonfirmasi melalui Kasat Lantas Polres Jayapura Kota,  AKP.  Junan Plitomo mengatakan, selama proses pengerjaan jalan yang diperkirakan kurang lebih 21 hari ke depan, jalur Polimak-Jayapura dari pukul 06.00 WIT hingga pukul 20.00 WIT., diterapkan sistem buka tutup.

“Sedangkan mulai pukul 21.00 WIT sampai dengan pukul 05.00 WIT., jalur Polimak-Jayapura ditutup total untuk pengerjaan jalan di Polimak Kalam Kudus yang rusak akibat longsor, Maret lalu,” ungkap  Junan Plitomo kepada Cenderawasih Pos, Minggu (7/7). 

Dengan penutupan ruas jalan ini, menurut Junan Plitomo, kendaraan dari arah Jayapura yang hendak ke Entrop atau Abepura harus melalui Jalur Hamadi atau Paldam. 

“Begitu pula kendaraan dari arah Abepura dan Entrop yang hendak ke Jayapura, harus lewat Hamadi atau Jalan Alternatif tembus Paldam,” jelasnya. 

Junan Plitomo mengatakan, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas apabila nanti ada kapal putih masuk di Pelabuhan Jayapura. “Kita lihat sistem di lapangan nanti seperti apa. Dalam rekayasa lalu lintas ini, personel yang dilibatkan dari Polres Jayapura Kota dan Polsek Jayapura Selatan,”ujarnya.

“Selama proses pengerjaan tersebut, kami imbau kepada masyarakat untuk tidak melewati jalan  Polimak, karena ada pengalihan arus akibat pengerjaan jalan,” pungkasnya. (fia/nat)