Rekonstruksi tewasnya honorer DLLAJ  Yeremias di Jalan Pasifik Indah Belakang Kios Ambarita, Rabu (15/4) kemarin ( foto: Humas Polresta)

JAYAPURA- Unit Reskrim Polsek Jayapura Utara menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan terhadap seorang honorer  DLLAJ bernama Yeremias Mandibondibo (35) di depan pangkalan ojek Pasir II pada Kamis (2/4) lalu.

Adapun pelaku dengan inisial DMKF (27) tak lain adalah rekan minum korban sesaat sebelum kejadian naas itu terjadi.

 Rekonstruksi yang dilakukan pada Rabu (15/4) berlokasi di Jalan Pasifik Indah Belakang Kios Ambarita. Di sana, anggota melakukan adegan rekonstruksi  sebanyak 8 kali yang dihadiri langsung oleh Kapolsek Jayapura Utara Iptu Handry M Bawiling, Wakapolsek Iptu Septinus Mambruaru, Kanit Reskrim Iptu Tegus Prasetyo dan 8 personel Polsek Japut.

 Kapolsek menyebut, sebanyak 8 reka adengan yang dilakukan mulai dari korban dan pelaku minum bersama, terjadi pertengkaran hingga berakhir dengan penikaman yang menyebabkan korban meninggal dunia.

 Adapun delapan reka adengan itu yakni, pelaku bersama saksi bernama David dan korban duduk mengkonsumsi miras di belakang Kios Ambarita. Lalu pelaku dan saksi bernama David salin pukul yang menyebabkan korban jatuh ke got.

 Atas kejadian itu, pelaku marah terhadap saksi lalu mencabut pisau yang telah disimpan   di pinggang sebelah kanan mengayungkan pisau ke tubuh  david sebanyak satu kali. Namun, pisau tersebut tidak mengenai saksi hingga saksi langsung melarikan diri.

 Selanjutnya, pelaku Kembali ke korban  Yermias dan langsung mengayunkan pisau ke tubuh korban sebanyak dua kali yang mengenai perut korban. Setelah korban ditikam oleh pelaku dengan menggunakan pisau, korban melarikan diri ke arah atas depan pangkalan ojek Pasir II.

 Pelaku setelah melakukan penikaman terhadap korban langsung membuang pisau di taman sekitar tempat kejadian perkara, selanjutnya kembali ke tempat awal kumpul mengkonsumsi minuman keras dan mengambil motornya lalu melarikan diri. “Selanjutnya kami akan melangkapi mindik untuk kasus ini,” ucap Kapolsek.

 Sebelumnya, warga di kompleks keuangan  Jalan Pasifik Indah Pasir II, Distrik Jayapura Utara digegerkan dengan ditemukannya jenazah seorang pria yang diketahui bernama Yeremias Mandibindibo (35). Seorang honorer di Dinas Lalu Lintas dan Angakatan Jalan  (DLLAJ), Kamis (2/4).

Jenazah pria 35 tahun itu pertama kali ditemukan masyarakat setempat yang tergeletak di depan pangkalan ojek pasir II. Sehingga langsung melaporkannya ke Polsek Jayapur Utara dan tak lama kemudian Unit Reskrim Polsek Jayapura Utara langsung mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP). (fia/wen)