SENTANI- Sejak awal pandemi Covid-19 ini merebak di sejumlah titik di Kabupaten Jayapura, jumlah pasien Covid-19 secara komulatif sebanyak 305 orang. Namun dari jumlah tersebut, sebanyak 79 persen atau 243 orang sudah dinyatakan sembuh. Ini merupakan satu pencapaian yang luar biasa dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. 

“Hari ini ada yang sembuh dua orang, tapi ada juga kasus baru dua orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19  Kabupaten Jayapura, Khairul Lie di Sentani, Senin (24/8).

Dikatakan, dalam rangka membatasi dan menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jayapura, Pemkab Jayapura telah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid- 19 sejak awal pandemi Covid-19 itu. Gugus tugas itu dibentuk agar  pemerintah lebih fokus terhadap kegiatan penanganan melalui program kerja yang sudah dibagi melalui tim kerja dalam gugus tugas itu.

“Kabupaten Jayapura berhasil menekan laju penyebaran Covid-19 itu meskipun di beberapa daerah sempat dilaporkan terpapar Covid-19. Namun jumlahnya memang belum signifikan dan sampai saat ini secara kumulatif jumlah pasien kita sebanyak 305 orang dan 243 orang sudah dinyatakan sembuh,” katanya.

Untuk menekan penyebaran wabah Covid-19 ini, sejumlah pihak terlibat aktif dengan tugas dan pekerjaan masing-masing. Mulai dari tim surveilans, tim pengawasan dan pengendalian, tim kesehatan dan ada sejumlah program kerja lainnya yang sudah ditetapkan sejauh ini. 

Kemudian hingga saat ini gugus tugas ini masih melakukan upaya untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Tim survailena kita juga masih melakukan tugas maksimal. Mereka melakukan tugas pelacakan terhadap maayarakat yang sudah melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19, kemudian melakukan pemeriksaan dan selanjutnya merawat pasien. Apabila ada gejala dirawat di rumah sakit sedangkan tanpa gejala kita arahkan isolasi mandiri,”pungkasnya. (roy/tho)