Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw saat mensosialisasikan penggunaan masker saat memberikan pengarahan kepada personel Polri baru-baru ini. ( FOTO: Elfira/Cepos)

JAYAPURA- Sebanyak 78 orang anggota Polda Papua dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Polda Papua terpapar covid-19 dan tiga orang meninggal dunia, terhitung sejak Maret hingga Oktober 2020.
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, 78 orang anggotanya yang terpapar Covid-19 terdiri dari 16 orang pegawai negeri sipil dan 62 orang lainnya merupakan anggota Polri.
“Hingga saat ini ada yang masih melakukan isolasi mandiri dan 8 orang lainnya sedang pendapatkan perawatan intensif,” ucap Kapolda Paulus Waterpauw kepada Cenderawasih Pos, Jumat (9/10).
Anggota Polri yang terpapar Covid-19 ini diakuinya tidak terlepas dari peranan mereka di lapangan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Baik itu dalam tugas memberikan imbauan, penanganan kasus, memberikan pengamanan dan kegiatan lainnya.
Paulus Waterpauw menyampaikan, di tengah pandemi Covid-19, anggota Polri tetap bekerja dan berada di garda terdepan. Seperti Bhabinkamtibmas, Polantas, reserse, intel, sabhara, Binmas Polairud dan anggota lainnya.
“Untuk anggota yang selalu berada di lapangan, terutama Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan tetap semangat dan jangan lupa berdoa terus dalam menjalankan tugas di lapangan,” pinta Kapolda Waterpauw.
Dirinya mengingatkan anggota Polda Papua yang bertugas di lapangan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan batasi berkomunikasi dengan sembarang orang.
“Tetap semangat untuk jalankan tugas terutama anggota yang berada di ujung wilayah operasional. Terus memegang peranan dalam membantu pemerintah, negara dan masyarakat untuk mengeliminir gejala Covid-19,” pungkasnya. (fia/nat)