Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom SE.M.Si yang diwakili Plt. Sekda Lanny Jaya, Lateran Yigibalom didampingi Kadinsos Lanny Jaya Usman Yikwa SH dan Kepala Kantor Pos Jayawijaya, Gad Munwo menyerahkan secara simbolis BST kepada perwakilan masyarakat 39 Distrik di Lanny Jaya, Kamis (1/10). ( FOTO: Humas Lanny Jaya for Cepos)

*Terbanyak di Pegunungan Tengah Papua

TIOM-Bantuan Sosial Tunai (BST) Kepada Keluarga Penerima Manfaat Kabupaten Lanny Jaya disalurkan secara simbolis di halaman Kantor Bupati Lanny Jaya, Kamis (1/10).

Kegiatan itu ditandai dengan penyerahan secara simbolis yang dilakukan oleh Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom SE., M.Si yang diwakili oleh Plt. Sekda Lanny Jaya, Lateran Yigibalom kepada Dinas Sosial Lanny Jaya Usman Yikwa, SH dan disaksikan oleh Kepala Pos Jayawijaya, Gad Munwo. Selanjutnya BST akan disalurkan kepada masyarakat penerima.

“Banyak dana yang telah kita kucurkan ke kampung-kampung. Ada  kemarin tahap pertama dan ini kedua. Nantinya tahap ketiga pada bulan November. Semua ini harus digunakan dengan baik,” pinta Plt Sekda Lanny Jaya, Lateran Yigibalom.

Ia mengatakan bahwa pemerintah berkomitmen terus membantu masyarakat di tengah Pandemi saat ini. Untuk itu, Lateran Yigibalom meminta masyarakat tidak perlu khawatir.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lanny Jaya, Usman Yikwa, SH., mengatakan dana BST Covid-19 tahun 2020 diberikan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 masyarakat Lanny Jaya.

“Khusus untuk Lanny Jaya penerima manfaat Covid sebelumnya 1.010 keluarga penerima manfaat. Tapi luar biasa sudah terjadi penambahan menjadi 7.774 keluarga ini terbanyak di Kabupaten Pegunungan Papua,” bebernya, 

Ia berharap dana yang diserahkan ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya yakni membantu perekonomian masyarakat.

Secara terpisah, Kepala Pos Jayawijaya Gad Munwo mengatakan, mekanisme pembayaran tidak lepas dari anggaran awal yang tahap pertama, kedua dan ketiga yang telah terjadi penambahan.

“Yang kami ambil sesuai nama dan NIK yang kami ambil. Di sini ada tahap 4, 5 dan 6. Jadi tahap enam itu terimanya Rp 900 ribu, sedangkan tahap 4 dan 5 yang pengusulan baru 6.764 itu terimanya Rp 300 ribu,”bebernya.

Dirinya juga mengapresiasi Pemerintah Lanny Jaya melalui Kadinsos yang sudah bekerja keras untuk memasukkan pengusulan penerima bantuan BST untuk masyarakat penerima bantuan yang akhirnya disetujui dan akhirnya dapat disalurkan.(Humas/gin/nat)