Irjen Pol Martuani Sormin ( foto : Elfira/Cepos

*Millenial Road Safety Festival Polda Papua Banjir Doorprize

JAYAPURA-Polri dalam hal ini Polda Papua memberikan memberikan perhatian serius terhadap kaum millenial yang ada di Provinsi Papua.

Pasalnya menurut Kapolda Papua, Irjen Pol. Martuani Sormin, berdasarkan hasil penelitian, ada 60 persen kaum millenial menjadi korban kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) fatal. 

Terkait hal ini, Polda Papua akan menggelar kegiatan Millenial Road Safety Festival di kantor Gubernur Papua, Sabtu (2/3) besok.  

Kegiatan ini menurut Martuani Sormin dilaksanakan dalam rangka mengurangi 

angka kecelakaan lalulintas yang berakibat fatal. Dalam kegiatan ini, Polda Papua akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya kaum millenial tentang bagaimana menggunakan jalan dengan baik dan benar saat berkendaraan.

“Sebanyak 25 ribu kaum Millenial di Papua di Kota dan Kabupaten Jayapura serta Keerom akan memeriahkan Millenial Road Safety Festival Polda Papua di halaman kantor Gubernur Papua, Sabtu (2/3),” ungkap Martuani Sormin kepada wartawan, kemarin (28/2). 

Kegiatan yang akan dimulai pukul 06.00 WIT hingga pukul 14.00 WIT, akan dimeriahkan artis ibukota Jakarta dan artis Papua yang sudah eksis di tingkat nasional. “Selain itu, dimeriahkan juga kelompk tari adat lokal yang ada di Papua  termausk komunitas serta hiburan lainnya,” tuturnya.

Kegiatan ini menurut Martuani Sormin juga banjir hadiah doorprize bagi peserta. Doorprize yang disediakan di antaranya puluhan sepeda motor dan masih banyak hadiah menarik lainnya. 

Di tempat terpisah, Kasat Lantas Polres Jayapura Kota, AKP. Junan Plitomo menyebutkan akan dilakukan pengalihan arus lalulintas, Sabtu (2/3).

Dalam pengalihan ini, kendaraan dari arah  lampu merah Dok II menuju ke kantor Gubernur dialihkan ke Jalan Sam Ratulangi. Sementara dari arah Dok 5 menuju kantor Gubernur dialihkan lewat  jalan Nusa Tenggara Pertigaan Perkebunan.

“Untuk tempat parkir ada di beberapa tempat yaitu VIP  di halaman parkir  kantor KPU Provinsi Papua. Tempat parkir untuk umum yang disediakan yaitu di halaman kantor Dinas PU Papua, halaman parkir galangan kapal, halaman parkir Gereja GKI Pengharapan, Terminal Mesran, halaman Parkir PTC, Ruko, Sagu Indah Plaza, Gelael Supermarket, Bank Papua, GOR Cenderawasih dan Porasko untuk kendaraan militer,” tambahnya. 

Untuk pengaturan arus lalu lintas, Junan menyebutkan, pihaknya menyiagakan 188 personel Satlantas Polres Jayapura Kota yang akan dibackup anggota Satlantas Polres Jayapura, Satlantas Polres Keerom, anggota Direktorat Lalu Lintas Polda Papua, Sabhara dan anggota TNI. 

“Untuk jalur jalan santai start dari kantor Gubernur Papua, Ruko Pasific Permai, Sam Ratulangi, berputar di Tugu Adipura melintas depan BI, Mall jayapura dan finish kantor Gubernur papua,” pungkasnya. (fia/nat)